Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Retail Jabar Rangkul Lebih dari 3.000 Toko Kelontong

Perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju.
Pesta Retail Jawa Barat./Istimewa
Pesta Retail Jawa Barat./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Jawa Barat di Lapangan Disjas AD di Cimahi sebagai bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Pesta Retail Jawa Barat ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan Berli Hamdani Gelung Sakti. Berli, yang mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyampaikan dukungan terhadap acara ini bagi kemajuan toko kelontong Indonesia.

“Kita harus terus berupaya mempromosikan UMKM seperti Pesta Retail Jawa Barat 2022 ini, dan mendorong UMKM kita untuk hijrah ke dunia digital melalui SRC [Sampoerna Retail Community] sebagai toko kelontong binaan terbaik. Poin penting dan fokus Pemerintah Jawa Barat adalah perlindungan UMKM, fasilitasi scale-up dan digitalisasi,” kata Berli, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Senin (19/12/2022). 

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan turut memberikan apresiasi atas digelarnya Pesta Retail Jawa Barat di Kota Cimahi.  Hadirnya toko kelontong yang tergabung dalam SRC diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi ekonomi daerah.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional. 

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. 

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia. 

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. 

“Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan Pesta Retail Jawa Barat akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Jawa Barat. 

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. 

Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya. 

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya. 

Pesta Retail Jawa Barat, yang digelar dengan tujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen, turut menghadirkan 3.000 toko kelontong SRC serta 100 mitra SRC yang berlokasi di Jawa Barat. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan eksistensi toko kelontong semakin nyata dan dapat relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Pada kegiatan ini pula, para pemilik toko kelontong SRC, mitra, dan warga berpartisipasi dalam menggalang bantuan untuk Gempa Cianjur melalui gerakan #1000SembakoUntukCianjur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper