Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bupati Dony Minta Apdesi Sumedang Jadi Role Model Daerah Lain

Apdesi Kabupaten Sumedang diharapkan menjadi role model bagi Apdesi kabupaten/kota lainnya.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  20:21 WIB
Bupati Dony Minta Apdesi Sumedang Jadi Role Model Daerah Lain
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat menghadiri Rakercab DPC Apdesi serta Konsolidasi DPK Apdesi se-Kabupaten Sumedang Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Pamidangan, Gajah Depa Cimalaka, Kamis (8/12 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) sebagai wadah berhimpunnya seluruh kepala desa di Kabupaten Sumedang diharapkan menjadi role model bagi Apdesi kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia.

Hal inilah yang disampaikan oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat menghadiri Rakercab DPC Apdesi serta Konsolidasi DPK Apdesi se-Kabupaten Sumedang Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Pamidangan, Gajah Depa Cimalaka, Kamis (8/12/2022).

"Saya minta Apdesi Kabupaten Sumedang bisa menjadi role model atau contoh bagi Apdesi kabupaten kota lainnya. Harus ada pembeda serta memiliki atau keunggulan," ujarnya.

Bupati berharap dalam Rakercab tersebut semua yang menjadi program kerja Apdesi dapat dijabarkan secara mendetail, mulai dari siapa berbuat apa, kemudian waktu dan targetnya harus jelas.

Sehingga, semua bidang yang ada di Apdesi berfungsi dengan baik sehingga keberadaan Apdesi benar-benar bisa berdaya guna dan berhasil guna, baik itu bagi para anggota, organisasi maupun bagi masyarakatnya.

"Dalam melakukan setiap kegiatan, Apdesi harus memberikan dampak, baik itu kepada organisasi maupun kepada masyarakat. Jadi dari sisi internal memberikan kemanfaatan bagi anggota, sedangkan dari sisi eksternalnya berdampak kepada masyarakat," kata bupati.

Ia menjelaskan, setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk kemajuan organisasi, yaitu pertama konsolidasi organisasi, yakni melalui program kegiatan yang bisa membuat hubungan antar anggota menjadi solid.

"Buat kegiatan yang bisa membuat hubungan antar anggota menjadi solid. Kalau semua bersatu, masalah apapun yang ada dihadapan kita, bisa kita selesaikan dan harapan yang kita inginkan bisa diwujudkan," ungkap Bupati Dony.

Hal kedua yang harus dilakukan ialah kaderisasi dengan cara meningkatkan keahlian, pengetahuan dan pengalaman para pengurus Apdesi yang dampaknya bisa meningkatkan kompetensi mereka.

Adapun yang ketiga adalah mobilisasi, yakni menggerakkan anggota dan mengoptimalkan program kerja agar bermanfaat bagi masyarakat dan para kader Apdesi itu sendiri.

"Apdesi akan bersemayam di hati masyarakat jika setiap programnya memberikan kemanfaatan kepada masyarakatnya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang Welly Sanjaya menyampaikan sistem organisasi yang sudah berjalan dengan baik tentunya akan memberikan kemanfaatan bagi anggotanya.

Ia pun mengajak seluruh anggotanya umtuk membangun sinergi dengan unsur pemerintah maupun unsur swasta di desa masing-masing.

"Masih banyak PR Apdesi yang harus diselesaikan. Mulai keorganisasian, kelembagaan, keanggotaan, bidang hukum dan bidang-bidang lainnya. Mari kita bersama-sama membangun organisasi ini," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang Dony Ahmad Munir
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top