Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengguna Aktif Tokopedia Affiliate Meningkat 5 Kali Lipat

Sejak diluncurkan awal 2022, Tokopedia Affiliate menghadirkan banyak program mempermudah siapa pun untuk menjadi influencer dan mendapatkan komisi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pengguna aktif Tokopedia Affiliate aktif meningkat hingga lima kali lipat pada kuartal III 2022.

Sejak diluncurkan awal 2022, Tokopedia melalui Tokopedia Affiliate menghadirkan banyak program mempermudah siapa pun untuk menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial.

“Animo masyarakat terhadap Tokopedia Affiliate Program sangat tinggi. Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate naik hampir 5 kali lipat di kuartal III 2022 dibandingkan dengan kuartal I 2022,” kata AVP of Content Marketing Platform Tokopedia Nirmala Hapsari dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (29/11/2022).

Affiliate bisa meraih komisi hingga 10 persen maksimum Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari link khusus yang dibagikan. Komisi Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.

“Affiliate bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, Affiliate bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill sebagai kreator konten dengan kreator konten lainnya yang berpengalaman,” ujar Nirmala.

Tokopedia Affiliate juga membuat strategi affiliate marketing penjual khususnya UMKM lokal menjadi lebih interaktif dan menarik. Pasalnya, Affiliate bisa mempromosikan produk atau toko penjual secara lebih kreatif melalui ulasan dan video tutorial kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya.

“Saat ini, pegiat usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk Affiliate karena komisi atas kunjungan ke produk atau toko dan penjualan produk yang dipromosikan Affiliate akan dibayarkan sepenuhnya oleh Tokopedia,” tambahnya.

Ferlan Firmansyah pemuda asal Serang, Banten, menjadikan Tokopedia Affiliate sebagai sumber pendapatan kedua di samping usaha toko produk ibu dan bayi serta bengkel miliknya.

“Saya pernah dapat komisi hingga Rp16 juta dalam kurang dari seminggu. Rezeki tersebut saya gunakan untuk membantu salah satu anggota keluarga agar anaknya bisa daftar sekolah,” ujar Ferlan.

Cerita yang sama muncul di Binjai, Sumatra Utara, tepatnya dari Bela Claudya, seorang pemilik usaha kuliner yang juga bisa menambah pendapatan keluarga lewat Tokopedia Affiliate.

“Dari komisi bulanan hingga jutaan rupiah yang saya dapat lewat Tokopedia Affiliate, saya bisa dapat modal tambahan untuk bisnis batagor dan membeli handphone untuk mendukung kegiatan usaha saya,” imbuh Bela. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper