Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik Kereta Api? Yuk Cobain Wisata Dekat Stasiun, Bisa Jalan Kaki

Anda bisa menggunakan kereta api yang cepat dan nyaman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.
Kereta api melintas di atas Kampung Warna-warni Jodipan Malang/Istimewa
Kereta api melintas di atas Kampung Warna-warni Jodipan Malang/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Liburan ke berbagai kota kini semakin mudah dengan beragam pilihan moda transportasi. Salah satu opsi transportasi yang menyenangkan untuk dipilih adalah kereta api.

Ada banyak kota dengan segudang pilihan wisata seru dan menarik yang bisa Anda kunjungi untuk liburan. Anda bisa menggunakan kereta api yang cepat dan nyaman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.

Bahkan, ada juga lho tempat wisata keren yang jaraknya sangat dekat dari stasiun. Jadi, Anda hanya perlu jalan kaki sebentar untuk menikmati liburan seru, baik sendirian maupun rame-rame! Cek di sini yuk 6 rekomendasi tempat wisata dekat stasiun kereta yang wajib Anda kunjungi!

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Buat Anda yang menyukai dunia seni, tempat wisata dekat stasiun kereta ini wajib dikunjungi. Anda hanya tinggal naik kereta dengan destinasi Stasiun Gambir, Jakarta. Tepat di seberang Stasiun Gambir ada Museum Galeri Nasional Indonesia. Tempat wisata yang satu ini menjadi sarana pameran seni dan kebudayaan, dari yang antik, kontemporer, sampai modern. Tak cuma pameran saja, Anda pun bisa menikmati seminar, fasilitas perpustakaan, dan laboratorium yang ada di dalamnya.

2. Kampoeng Plered Purwakarta

Berkunjung dan berjalan-jalan ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sempatkan untuk mampir sejenak ke tempat yang satu ini. Adalah Kampung Maranggi, tempat makan khusus yang menyediakan Sate Maranggi, sebagai makanan khas dari Purwakarta. Surga wisata kuliner yang berlokasi di alun-alun Kecamatan Plered tepatnya di samping halaman Stasiun Plered bisa jadi tempat menjawab rasa lapar selama perjalanan wisata ke Purwakarta. Untuk menuju Stasiun Plered, Anda bisa menggunakan kereta api Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

3. Benteng Pendem Cilacap

Terletak di Dusun Kebonjati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Benteng Pendem merupakan peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Benteng ini dibangun pada 1861 dan dulunya menjadi markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Di dalam terdapat gudang senjata, benteng pengintai, benteng pertahanan, gudang mesiu, penjara, ruang perwira, hingga dapur.
Benteng Pendem Cilacap berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Stasiun Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Anda bisa menggunakan kereta api Kamandaka, Wijayakusuma, dan Joglosemarkerto untuk menuju Stasiun Cilacap.

4. Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi

Bila Anda memutuskan turun ke stasiun terakhir di Banyuwangi, yakni Stasiun Ketapang bisa coba berkunjung ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak yang harus ditempuh dari stasiun ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD) kurang lebih 6,8 kilometer atau perjalanan sekitar 11 menit. Pantai GWD menyajikan wisata snorkeling, diving dan trip naik perahu ke Pulau Tabuhan. Bagi Anda yang dari Semarang ingin menuju Stasiun Ketapang, bisa menggunakan kereta yang baru dijalankan pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yaitu Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang–Ketapang (Banyuwangi) pp. Selain itu, masih tersedia banyak kereta api dari berbagai daerah yang bisa Anda gunakan menuju ke Stasiun Ketapang.

5. Wisata Kampung Warna-warni Jodipan Malang

Kampung warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan juga merupakan salah satu tempat wisata Malang yang dekat dengan Stasiun Malang. Buat Anda yang suka foto selfie, di sana ada ratusan rumah yang dicat warna-warni sehingga kampung ini menjadi tampak Instagramable untuk latar belakang berfoto. Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jaraknya dari Stasiun Malang sekitar 1,5 kilometer. Anda bisa berkendara selama sekitar 5 menit atau jalan kaki kurang lebih 17 menit.

6. Kampung Kuliner Binjai

Tempat wisata di Binjai dekat stasiun adalah Kampung Kuliner. Tempat wisata populer ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Binjai. Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Binjai hingga hidangan khas Sumatra Utara lain di tempat ini. Tempat ini menawarkan konsep yang unik semacam food court dengan pilihan indoor maupun out door. Disini Anda bisa memilih untuk menikmati makanan di luar ruangan (outdoor) dimana tersedia banyak tenda dengan kursi-kursi dengan konsep yang keren. Bagi yang ingin lebih private Anda bisa memlih makan di dalam ruangan (indoor) agar tidak terganggu dengan suasana keramaian.

Itu dia enam rekomendasi tempat wisata dekat stasiun yang bisa Anda jangkau dengan kereta! Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa hanya berjalan kaki sekitar 5-17 menit untuk mendapatkan pengalaman seru selama liburan.

Selain enam lokasi wisata tersebut, sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata, baik wisata sejarah, seni, alam, hingga wisata kuliner di sekitaran stasiun-stasiun kereta api di berbagai daerah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membeli tiket kereta dan siapkan dirimu untuk berpetualang, berwisata di area sekitar stasiun di berbagai daerah.

"Stasiun kereta api terletak di tempat strategis, sehingga masyarakat bisa langsung jalan-jalan tanpa menempuh perjalanan panjang lagi. KAI juga menyediakan berbagai tipe kereta yang dapat digunakan. Mulai dari kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Luxury," kata Vice President Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus, Selasa (29/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper