Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Tol Cisumdawu Selesai Januari 2023

Direktur Teknik Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Meidi menargetkan pengerjaan konstruksi Tol Cisumdawu seksi I hingga seksi VI bisa tuntas Januari 2023.
Petani menyeberang di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman
Petani menyeberang di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - Direktur Teknik Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Meidi menargetkan pengerjaan konstruksi Tol Cisumdawu seksi I hingga seksi VI bisa tuntas Januari 2023.

Hal tersebut merespons penjelasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang meminta percepatan penyelesaian ruas tol tersebut kepada badan usaha jalan tol (BUJT).

Bagus menyebutkan, salah satu upaya mempercepat penyelesaian konstruksi jalan tol sepanjang 60,1 Kilometer ini adalah dengan mengganti material dengan material yang bisa digunakan saat musim hujan.

"Kita akan kejar terus dengan merubah material, yang tarinya materialnya timbunan tanah, kita akan pakai material batu murni, batu yang tidak tercampur dengan tanah, tapi bisa digunakan untuk saling mengunci sehingga bisa menjadi bagian yang tidak pengaruh dengan cuaca," kata dia kepada Bisnis, Selasa (29/11/2022).

Pasalnya, dalam tiga bulan terakhir dikatakan Bagus, hujan di daerah Sumedang yang dilintasi oleh jalan tol intensitasnya sangat tinggi. Sehingga, pihaknya kini mengganti material timbunan dengan material batu yang bisa dioptimalkan meski hujan terus mengguyur lokasi proyek.

"Sudah berjalan, ini cuma dalam timbunan layer per layer kan, kita timbun 1-2 meter, kita layer per layer supaya kepadatannya terpenuhi," kata Bagus.

Untuk memudahkan, pengerjaan timbunan dilakukan dengan membagi dua bagian pengerjaan di masing-masing seksi, yakni seksi 5a, 5b dan seksi 4a dan 4b.

"Kalau seksi VI dan III udah selesai jadi dalam rangka percepatan pun seksi IV dan V saya pecah jadi dua bagian," imbuhnya.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi dalam penuntasan konstruksi Tol Cisumdawu ini ada persoalan hauling road.

Jalur distribusi bahan baku konstruksi ini juga kata dia terpengaruh juga oleh cuaca lantaran jarak distribusi bahan baku dengan lokasi konstruksi cukup memakan waktu.

"Kondisi jalan ada di daerah non pemukiman, di hutan, sehingga kita juga perlu kesiapan akses jalannya, yang kita sebut hauling road, harus kita cermati," jelasnya.

Untuk itu, ia optimistis sesuai dengan target penuntasan konstruksi Tol Cisumdawu ini tidak meleset lagi setelah sebelumnya ditargetkan tuntas November 2022.

"Januari [2023] saya rasa sudah selesai semua, selesai dalam tanda kutip bisa fungsional, artinya bisa dilalui kendaraan, untuk menuju dioperasikan dengan tarif kan nanti menunggu arah tol nya, gerbangnya dan lain-lain, kita berharap konstruksi bisa selesai di Januari, bisa dilalui," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper