Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gempa Cianjur: Unpas Salurkan Bantuan dan Terjunkan Relawan Gabungan

Universitas Pasundan bersama Tim Gabungan Bencana Cianjur mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 November 2022  |  20:40 WIB
Gempa Cianjur: Unpas Salurkan Bantuan dan Terjunkan Relawan Gabungan
Universitas Pasundan bersama Tim Gabungan Bencana Cianjur mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Universitas Pasundan bersama Tim Gabungan Bencana Cianjur mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Unpas telah menggelar koordinasi terkait pembentukan relawan gabungan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), alumni, dan fakultas.

Tim Gabungan ini merupakan bentukan Rektor Unpas Eddy Jusuf yang diketuai Helmi dan Sekretaris Hafidz Fattahurrahman Pramadia.

Wakil Rektor III Unpas Deden Ramdan mengatakan bahwa sebelumnya Unpas sudah mengirimkan tim gabungan pendahulu yaitu dari Fakultas Kedokteran (FK), Pramuka, dan Korps Sukarela untuk melakukan asesmen di lokasi.

“Setelah tim pendahulu melaporkan kondisi di sana, kami akan mengirimkan relawan gabungan sebagai personel tambahan di bawah pimpinan FK Unpas,” jelasnya, Senin (28/11/2022).

Hal ini agar relawan yang turun terintegrasi dengan baik, sehingga pengerahan SDM di lapangan lebih terkoordinasi.

“Relawan dibekali kemampuan penanggulangan bencana karena akan melakukan rekonstruksi, rehabilitasi, dan pemulihan (trauma healing) pascabencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unpas yang sekaligus Person In Charge (PIC) Pengggalangan Bantuan Bencana Alam Cianjur Yudi Garnida mengatakan, pendistribusian bantuan ini merupakan tahap pertama dari wilayah Bandung 2.

"Unpas bertugas mengoordinir dan menghimpun, hari ini mulai mendistribusikan bantuan tahap pertama," katanya.

"Kami juga sudah mengirimkan surat ke perguruan tinggi yang di bawah koordinasi Unpas, bantuan masih kami buka," lanjutnya.

Menurutnya LLDIKTI IV masih membuka penyaluran donasi hingga 29 November 2022. Nantinya, pendistribusian selanjutnya (tahap 2) akan dilaksanakan antara 30 November - 1 Desember 2022.

"Dikarenakan bantuan harus segera didistribusikan, Unpas langsung bergerak cepat mengirimkan bantuan," ujarnya.

Adapun bantuan tahap pertama yang disalurkan di antaranya selimut, pakaian, bensin, tikar, air mineral, dan makanan.

Bantuan dikirimkan ke Posko LLDIKTI IV yang berlokasi di Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur. Selanjutnya, bantuan akan didistribusikan ke sejumlah kecamatan yang terdampak.

Koordinator Posko LLDIKTI IV Kampus UNPI Pradika Sulaeman menerima langsung bantuan yang diwakili Unpas.

UNPI ditunjuk oleh LLDIKTI IV sebagai posko tanggap bencana. Beberapa bantuan sudah berdatangan, dan relawan siaga di tempat tersebut.

"Bantuan disalurkan ke wilayah yang paling terdampak, seperti Kecamatan Cugenang dan Warungkondang, serta wilayah lainnya bertahap," pungkasnya.

Setelah dari Posko L2DIKTI ,Tim Berkunjung ke Posko Paguyuban Pasundan untuk Menindaklanjuti Koordinasi Pemberian Bantuan Berikutnya sekaligus pemetaan langkah yang akan dilakukan terkait tahap rekonstruksi, rehabilitasi dan recovery untuk korban yang terdampak musibah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Cianjur
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top