Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perluas Inklusi Keuangan, Permata Bank Gelar Program CERITA di Kota Bandung

Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Herwin Bustami mengatakan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun, sejak tahun 2016 hingga saat ini.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 Oktober 2022  |  21:13 WIB
Perluas Inklusi Keuangan, Permata Bank Gelar Program CERITA di Kota Bandung
CSR dengan tema CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA) dalam rangka menyambut bulan Inklusi keuangan 2022 sekaligus merayakan ulang tahun ke/20 Bank Permata.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT Bank Permata Tbk. (BNLI) atau Permata Bank terus memperluas literasi inklusi keuangan hingga ke tingkat pelajar.

Salah satunya melalui Permata Hati dengan menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tema CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA) dalam rangka menyambut bulan Inklusi keuangan 2022 sekaligus merayakan ulang tahun ke-20, Permata Bank.

Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Herwin Bustami mengatakan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun, sejak tahun 2016 hingga saat ini, telah menjangkau lebih dari 38.000 penerima manfaat dan 270 sekolah.

Tujuan dari kegiatan adalah untuk memberikan edukasi literasi keuangan kepada siswa siswi di semua jenjang pendidikan.

CSR diselenggarakan serentak pada 50 kota di seluruh Indonesia dan melibatkan seluruh Direksi dan 1.000 karyawan Permata Bank sebagai Employee Volunteers (EVO) di masing-masing kota untuk mengambil peran sebagai penggerak utama kegiatan.

Program CERITA adalah bentuk dukungan Permata Bank terhadap program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia yang juga sejalan dengan 3 pilar utama Permata Hati CSR yaitu, Education, Empowerment, dan Enhancement.

Sejalan dengan tema BIK 2022, yaitu “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat”, rangkaian kegiatan edukasi literasi keuangan untuk para siswa dapat menata masa depan yang lebih baik untuk generasi muda serta dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Dilakukan secara terintegrasi melalui gerakan employee volunteer di seluruh Indonesia, program CERITA berkolaborasi dengan OJK, Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Pemerintah Daerah setempat.

Herwin menjelaskan program CERITA merupakan salah satu langkah nyata Permata Bank dalam mendorong pencapaian target inklusi keuangan.

“Saya dan Permata Bank bangga dapat kembali menyelenggarakan program CERITA tahun ini, karena ini bukti nyata Permata Bank dalam mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 909 pada 2024 yang secara konsisten dimotori oleh ribuan employee volunteer kami di berbagai Kota," kata Herwin saat ditemui tim Bisnis di SDN 078 Sindang Sari, Antapani, Kota Bandung, Jumat (28/10/2022).

Herwin pun berharap dengan pendekatan yang edukatif sekaligus menyenangkan bagi seluruh peserta, para siswa-siswi di masing-masing sekolah dapat menciptakan generasi muda yang melek finansial sehingga dapat dengan cakap mengelola keuangan pribadi.

"Dengan pendekatan yang edukatif khusunya untuk literasi keuangan sebagai salah satu komitmen dari Permata Bank dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Berharap kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang melek finansial sehingga mereka memiliki keterampilan menabung, berinvestasi, serta cakap dalam mengelola keuangan pribadi untuk saat ini, nanti, dan di masa depan," harapnya.

Selain itu, para siswa-siswi di masing-masing sekolah akan serentak mengikuti kegiatan edukasi keuangan secara tatap muka bersama para EVO dengan menggunakan materi Modul Finansial (MODAL).

Modal merupakan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang berisikan pengetahuan dasar keuangan dan perbankan berdasarkan tingkatan pendidikan dan usia para siswa.

Di samping pengajaran literasi keuangan, Permata Bank juga memberikan bantuan prasarana sekolah, seperti perbaikan kelas, sarana olahraga, perpustakaan, ataupun fasilitas lain di area sekolah, termasuk alat bantu ajar (kebutuhan ajar online maupun tatap muka).

Di kota Bandung, CERITA diadakan di SDN 078 Sindang Sari, Antapani Wetan yang dihadiri oleh Herwin Bustaman, Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank serta pejabat OJK, BI dan Kemendikbud Ristek setempat. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank permata
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top