Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga, Anies Keok dari Ridwan Kamil di Survei Pilgub DKI 2024

Ridwan Kamil mendapatkan dukungan paling tinggi dari warga Jakarta apabila maju sebagai Gubernur DKI Jakarta 2024 mendatang.
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--Ridwan Kamil mendapatkan dukungan paling tinggi dari warga Jakarta apabila maju sebagai Gubernur DKI Jakarta 2024 mendatang.

Hasil ini tergambar dari survei yang dirilis oleh Populi Center bertajuk “PERMASALAHAN PENTING DAN DINAMIKA POLITIK JAKARTA” yang dilakukan 9-16 Oktober 2022 lalu terhadap 600 responden di 60 kelurahan yang ada di DKI Jakarta.

Peneliti Populi Center Dimas Ramadan dalam keterangan resminya menuturkan dalam sebuah sesi pertanyaan survei pihaknya mengajukan pertanyaan mengenai masa depan kepemimpinan DKI Jakarta selanjutnya. Populi menyodorkan 24 tokoh [12 teratas dan 12 terbawah].

“Saat masyarakat DKI Jakarta ditanyakan mengenai dukungan mereka terhadap 24 tokoh yang disebutkan, Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak mendapatkan dukungan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024, yaitu sebesar 69,7 persen,” katanya dikutip Sabtu (22/10/2022).

Setelah Ridwan Kamil, kemudian diikuti dengan Sandiaga Uno (67,7 persen), Anies Baswedan (66,2 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (55 persen). Adapun nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 50 persen.

Ridwan Kamil sendiri dalam survei lembaga yang sama pada Februari 2022 lalu berada di urutan ketiga dengan angka 65,7 persen di bawah Sandiaga Uno dan Anies Baswedan. Februari 2022, Sandiaga menempati urutan pertama dengan elektabilitas 77,5 persen dan Anies 77,3 persen. Hasil ini menunjukan elektabilitas Sandiaga Salahuddin Uno dan Anies Baswedan menurun pada delapan bulan terakhir.

Peluang Ridwan Kamil menembus DKI Jakarta juga sebelumnya sudah disampaikan oleh Founder Cyrus Network Hasan Nasbi. Analisa ini berangkat dari hasil survei Cyrus Network yang menunjukan, elektabilitas Gubernur Jawa Barat tersebut mulai merangsek mendekati tiga tokoh yang menguasai papan atas Capres 2024, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Menurutnya dari sisi popularitas, sebelum Juli 2022 angka Ridwan Kamil hanya menyentuh 60 persen, sementara di akhir Juli sigi pihaknya menunjukan popularitas Ridwan Kamil sudah di atas 80 persen.

Hasil sigi positif juga terlihat dalam survei Cagub Jabar 2024. Menurutnya pada Maret 2022, elektabilitas Ridwan Kamil untuk 10 calon gubernur Jabar sudah terpantau powerfull di angka 54 persen. Namun pada akhir Juli, angkanya naik 10 persen menjadi 64 persen. “Naik 10 poin itu luar biasa,” ujarnya.

Hasan menuturkan karir politik Ridwan Kamil termasuk panjang dan cerah, terlebih menguasai angka di Jawa Barat begitu tinggi. “Seadanyai tidak mendapat kesempatan jadi capres dan cawapres, karena baru [jadi gubernur] satu periode. kalau mau eksposure lebih luas ya [jadi gubernur] DKI Jakarta,” kata Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper