Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasmini, Produk IKM Warga Purwakarta yang Bikin Kangen Enam Negara

Cucu berhasil mengolah cemilan yang 'ngangenin' bahkan hingga membuat warga di luar negeri ketagihan.
Usaha kue pastel kering di Kabupaten Purwakarta./Bisnis-Asep Mulyana
Usaha kue pastel kering di Kabupaten Purwakarta./Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Geliat industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Purwakarta sejauh ini menunjukkan tren positif. Bahkan, sejak tiga tahun ini jumlah pelaku IKM terus bertambah.

Penguatan IKM menjadi salah satu strategi pemerintah untuk pemulihan ekonomi. Wajar saja, jika saat ini banyak bermunculan wajah-wajah anyar para pelaku IKM tersebut.

Di Kabupaten Purwakarta, ada seorang ibu muda yang berhasil meningkatkan taraf ekonominya melalui pengembangan IKM. Adalah Cucu Nengsih warga di Perum Kota Baru, Kecamatan Cempaka. Cucu berhasil mengolah cemilan yang 'ngangenin' bahkan hingga membuat warga di luar negeri ketagihan.

Usahanya memang terbilang sederhana, hanya membuat kue pastel kering. Tapi siapa sangka, camilan biasa ini bisa dibuatnya menjadi buah tangan enam negara, mulai dari Singapura, Hong Kong, Yunani hingga dua negara di Benua Afrika.

"Alhamdulillah, produk kita udah tembus ke enam negara, pengiriman pertama kita ada ke New Zealand, kemudian Singapura, Hong Kong, masih proses ke Maputo dan Gabon di benua Afrika dan terakhir PO dari Yunani," ujar Cucu kepada wartawan, belum lama ini.

Menurut Cucu, melimpahnya orderan kue pastel kering buatannya itu hingga tembus ke enam negara sangat dirasakan pasca terkendalinya virus Covid-19. Bahkan, saat ini pesanannya meningkatkan hingga 200 persen.

"Biasanya pesanan perbulan 1.000 pouch (pcs), sekarang meningkatkan menjadi 3.000 bahkan pernah sampai 5.000 Punch," katanya.

Adapun satu kantong kue pastel kering ini, cucu membanderolnya dengan harga Rp20.000 per pcs. Kue kering ini, bukan hanya di jual sendiri melainkan cucu membuka joint partner (reseller) yang saat ini sudah menyebar hingga wilayah Jabodetabek.

"Kalau lihat keuntungan dari naiknya pesanan, itu sekitar Rp30-60 juta per bulan. Pastel ini bisa langsung konsumsi dan awet selama satu tahun," kata dia.

Dia menambahkan, proses pembuatan pastel kering mini ini sama seperti membuat pastel pada umumnya. Bahan dasar adalah tepung terigu yang di campur adonan bumbu lainnya. Adapun pastel Pasmini hasil produksinya ini tersedia dengan beragam varian rasa dan isinya. Seperti abon ayam, abon daging, abon ikan dan lainnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper