Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telaga Cicerem, Surga Eksotis di Kaki Gunung Ciremai

Telaga Cicerem yang saat ini menjadi daya tarik baru wisata Kuningan berjarak 29 kilometer dari pusat kota Kuningan dan bisa tempuh dalam satu jam perjalanan.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 07 Agustus 2022  |  16:21 WIB
Telaga Cicerem, Surga Eksotis di Kaki Gunung Ciremai
Telaga Cicerem - Bisnis/Hakim Baihaqi
Bagikan

Bisnis.com, KUNINGAN - Keberadaan Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyimpan banyak potensi alam yang menarik minat orang untuk terus bertandang. Salah satu spot daya tarik adalah Telaga Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan.

Telaga Cicerem yang saat ini menjadi daya tarik baru wisata Kuningan berjarak 29 kilometer dari pusat kota Kuningan dan bisa tempuh dalam satu jam perjalanan.

Untuk bisa sampai di lokasi, pengunjung bisa melintasi beberapa akses, baik menggunakan jalur Cirebon Dukupuntang atau Sumber-Mandirancan. Tidak perlu khawatir, akse memadai bagi kendaraan roda empat.

Sesampainya di Desa Kaduela Telaga Cicerem, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 dan langsung diarahkan untuk memarkirkan kendaraannya di lokasi parkir yang sudah disediakan pengelola.

Setiba di lokasi, pengunjung langsung disajikan pemandangan telaga atau perigi yang memiliki luas 900 meter nan eksotis. Pancaran sinar matahari membuat air di telaga tersebut tampak biru dan jernih, sehingga ribuan ekor ikan air tawar bisa terlihat jelas.

Beberapa spot menarik disediakan oleh pihak pengelola bagi pengunjung yang ingin berswafoto atau memberi makan ikan di telaga tersebut.

Tidak hanya melakukan swafoto atau sekadar bersantai menyaksikan panorama alam, pengunjung pun bisa mengelilingi Telaga Cicerem menggunakan perahu atau pun berenang bersama ribuan ikan.

Siti Masithoh (27), warga Kabupaten Cirebon menyebutkan, sengaja berkunjung ke Telaga Cicerem karena tertarik dengan jernihnya air di danau tersebut. Tidak lupa, ia pun mengabadikan momen di spot foto ayunan danau.

"Benar-benar indah, terus bersih tempatnya. Sangat tidak bisa ditemukan kalau di Cirebon wisata seperti ini," kata Siti Masithoh kepada Bisnis.com di Telaga Cicerem, Minggu (7/8/2022).

Keberadaan Telaga Cicerem tidak lepas dari cerita legenda seorang wanita bernama Nyi Bomas Inten. Sosok tersebut merupakan warga asli Desa Kaduela yang dipersunting Syekh Abdul Iman keturunan dari Kesultanan Cirebon.

Masyarakat Desa Kaduela mempercayai, kalau Nyi Bomas Inten masih menjaga Telaga Cicerem. Sehingga, masyarakat sekitar bahu membahu untuk menjaga kelestarian sumber mata air tersebut.

Selain itu, masyarakat sekitar membuat patung yang menyerupai sosok Nyimas Bomas Inten di tengah telaga. Patung tersebut saat menjadi ikon wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata jabar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top