Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Garut Tawarkan Objek Wisata Situ Bagendit Dikelola Pihak Ketiga

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebutkan dikelolanya Situ Bagendit oleh pihak ketiga diharapkan danau tersebut bisa naik kelas menjadi objek wisata kelas dunia.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  19:55 WIB
Pemkab Garut Tawarkan Objek Wisata Situ Bagendit Dikelola Pihak Ketiga
Situ Bagendit - Istimewa

Bisnis.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut menawarkan pengelolaan objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi bisa dikelola oleh pihak ketiga atau swasta.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebutkan dikelolanya Situ Bagendit oleh pihak ketiga diharapkan danau tersebut bisa naik kelas menjadi objek wisata kelas dunia.

Rudy mengundang seluruh investor yang akan mengelola Situ Bagendit. Proses lelangnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 18 tentang kerja sama daerah.

"Kalau punya rekan usaha yang bisa memajukan Garut, silahkan ini dikelola bagi hasil dengan Pemda Garut, tapi pengelolanya harus profesional," kata Rudy di Kabupaten Garut, Senin (26/6/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Penataan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 26 April 2019.

Revitalisasi Situ Bagendit dilakukan pada November 2022 hingga awal 2022. Pembangunan tersebut menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp87,73 miliar, yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, penataan danau di Kecamatan Banyuresmi ini dilakukan di atas lahan seluas 2,8 hektare atau enam zona.

Enam zona tersebut yakni, lokasi wisata publik, area kuliner, area green school, area komersil, area water sport, dan area masjid serta konservasi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi menyebutkan, Situ Bagendit merupakan kawasan lindung yang dimanfaatkan pula sebagai kawasan wisata.

Menurutnya, fungsi dari Situ Bagendit barus berjalan beriringan antara fungsi untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan serta fungsi ekonomi.

“BBWS Cimanuk Cisanggarung melakukan perlindungan dan pelestarian sebagai bentuk kegiatan konservasi melalui pengelolaan sarana dan prasarana di badan air di batas sempadan guna menjaga keberlanjutan fungsi situ terhadap pelayanan SDA,” kata Ismail.

Penataan kawasan Situ Bagendit diharapkan mampu meningkatkan gairah perekonomian masyarakat masyarakat sekitar dan kembali menggiatkan pariwisata di Kota Dodol.

Ismail mengatakan, Situ Bagendit sudah dibuka sejak libur lebaran 2022 dan mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota.

"Hari kedua libur Lebaran pengunjung Situ Bagendit mencapai 10 ribu wisatawan. Harga tiket dipatok Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak," kata Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garut situ bagendit
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top