Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atraksi Air Mancur Menari di Purwakarta Direncanakan Beroperasi Kembali

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui jika pertunjukan air mancur menari di kawasan taman kota ini sejak beberapa tahun tak beroperasi.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  19:57 WIB
Kolaborasi seni tari dan Pencak Silat tampil pada acara puncak Festival Bela Diri Dunia di Situ Buled Taman Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. - Antara
Kolaborasi seni tari dan Pencak Silat tampil pada acara puncak Festival Bela Diri Dunia di Situ Buled Taman Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. - Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta berencana mengoperasikan kembali pertunjukan air mancur menari di taman Sri Baduga (Situ Buleud).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui jika pertunjukan air mancur menari di kawasan taman kota ini sejak beberapa tahun tak beroperasi. Penutupan ini, bukan saja karena sejak tiga tahun terakhir ini Covid-19 tengah mewabah. Tapi, memang area wisata di tengah kota ini sedang butuh perawatan.

"Ada beberapa fasilitas penunjang air mancur yang dalam kondisi rusak. Tapi, saat ini kami sedang mengupayakan supaya pertunjukan air mancur ini bisa kembali dinikmati masyarakat," ujar Anne usai meninjau lokasi wisata di taman kota tersebut, Jumat (27/5/2022).

Anne menjelaskan, dalam waktu dekat ini Purwakarta akan memperingati HUT yang ke 191 tahun dan Kabupaten Purwakarta ke 54 tahun. Menurutnya, penataan Situ Buleud ini juga menjadi bagian dari persiapan menyambut perayaan tahunan itu.

"Kita ini memastikan segala fasilitas di kawasan wisata tersebut bisa berfungsi kembali," jelas dia.

Selama ini, Anne menilai, keberadaan Taman Sribaduga selama ini menjadi salah satu pendongkrak perekonomian masyarakatnya. Misalnya, melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sehingga tak dipungkiri, beberapa tahun ini perekonomian masyarakat menjadi lesu dikala tak ada pertunjukan air mancur.

"Makanya, saat ini kami sedang merumuskan supaya air mancur ini bisa beroperasi kembali," tambah dia.

Anne menambahkan, dengan kembali beroperasinya Taman Air Mancur Sri Baduga, diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Purwakarta sehingga mendorong peningkatan dan pertumbuhan para pelaku usaha di Kabupaten Purwakarta.

Ini, kata dia, juga sesuai dengan tema peringatan hari jadi kali ini, yakni dengan sub tema Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Kebangkitan Pariwisata dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

"Rangkaian hari jadi, akan dimulai pada 30 Mei 2022 mendatang. Sedangkan untuk susunan acara akan dimulai 2 Juni sampai 17 Agustus 2022 mendatang," tambah dia.

Dalam hal ini, Anne juga mengajak seluruh masyarakat Purwakarta untuk meramaikan acara tersebut. Bahkan, untuk warga luar kota Purwakarta yang mau ikut serta meramaikan acara hari jadi Purwakarta juga dipersilahkan untuk datang ketempat acara dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top