Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kangen Traveling ke Malaysia? Mulai 1 April Wisatawan Bisa Masuk Tanpa Karantina

Wisatawan asal Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, bisa kembali melakukan perjalanan wisata ke Malaysia mulai 1 April 2022 tanpa harus karantina.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  17:33 WIB
Suasana sepi di sekitar Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021).  - Bloomberg
Suasana sepi di sekitar Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021). - Bloomberg

Bisnis.com, BANDUNG - Wisatawan asal Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, bisa kembali melakukan perjalanan wisata ke Malaysia mulai 1 April 2022 tanpa harus karantina.

Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta Haryanty Abu Bakar menjelaskan pelonggaran aturan tersebut diambil karena Malaysia kini sedang bertransisi ke fase endemi Covid-19. Hal ini pun sudah diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

"Selain membuka perbatasan, pemerintah Malaysia juga akan mengizinkan turis asing yang masuk ke Malaysia tanpa harus menjalani karantina mandiri," kata Haryanty di Bandung, Rabu (24/3/2022).

Haryanty menjelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi wisatawan untuk bisa bebas masuk ke Malaysia, yang utama yaitu harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap.

Kemudian yang perlu dipersiapkan, wisatawan harus mengunduh aplikasi MySejahtera (semacam PeduliLindungi) dan mengisi form yang terdapat di aplikasi tersebut.

Berikutnya, wisatawan harus mengikuti tes RT-PCR Covid-19 dua hari sebelum keberangkatan, dan membeli asuransi perjalanan yang meng-cover Covid-19.

Saat tiba di Malaysia, wisatawan hanya perlu tes antigen di bandara atau di fasilitas kesehatan lainnya dalam waktu 24 jam setelah kedatangan.

"Lalu bagaimana dengan wisatawan yang belum divaksin? Mereka masih bisa masuk ke Malaysia namun dengan mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan," tegasnya.

Untuk itu, menyambut pembukaan kembali perbatasan internasional tersebut, Tourism Malaysia Jakarta kembali mengadakan acara Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow di Kota Bandung.

Event tersebut mempertemukan 30 sellers dari Malaysia dengan 30 travel agent dari Bandung dan sekitarnya secara hybrid.

“Melalui platform online yang kami sediakan, seramai tiga puluh Malaysian seller yang terdiri dari 25 travel agent dan 6 hotel dan resort. Turut hadir juga product owner seperti Legoland dan airlines kebanggaan Malaysia, Malaysia Airlines akan membuat business matching dengan 30 buyers (travel agent Bandung)," jelas Haryanty.

Virtual Travel Mart Roadshow ini diadakan sebagai langkah persiapan Malaysia untuk membuka kembali border bagi tujuan pariwisata, terutamanya wisatawan dari Indonesia sebagaimana Kementerian Pelancongan, Seni dan Budaya Malaysia (MOTAC) telah mentarget kedatangan 2 juta wisatawan mancanegara ke Malaysia tahun ini.

“Acara Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Bandung ini dapat terlaksana karena mendapat dukungan penuh dari DPD ASITA Jawa Barat. Tourism Malaysia mengucapkan setinggi-tingginya terima kasih dan sampai jumpa di Malaysia!” tutup Haryanty.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan malaysia
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top