Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Patung BJ Habibie Senilai Rp28 Miliar di Kota Bandung Masih Wacana

Pemerintah Kota Bandung memastikan pembuatan patung Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie setinggi 6 meter, yang akan dibangun di pintu masuk timur Kota Bandung masih tahap wacana.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  21:10 WIB
Presiden ke-3 RI BJ Habibie - Antara
Presiden ke-3 RI BJ Habibie - Antara

Bisnis.com, BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung memastikan pembuatan patung Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie setinggi 6 meter, yang akan dibangun di pintu masuk timur Kota Bandung masih tahap wacana.

Pasalnya, patung yang akan didesain dan dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta membutuhkan anggaran lebih dari Rp28 miliar.

Hal tersebut ia dapat usai pihaknya bertemu I Nyoman Nuarta yang menyampaikan rancangan desain patung Habibie dan patung pesawat untuk dibangun di kawasan Bunderan Cibiru tersebut.

"Tapi itu biayanya cukup mahal ya, dan kita pernah ngobrol sama PTDI juga, mereka malah mau kasih pesawat aslinya untuk jadi monumen disana. Tapi tidak dalam waktu dekat ini lah," jelas Yana, di Balai Kota Bandung, Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, Pemkot Bandung berencana membangun statue (patung) tematik di sejumlah gerbang masuk kota Bandung. Satu diantaranya, patung BJ Habibie.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Bandung Ema Surmana menjelaskan rencana pembangunan patung tematik di sejumlah pintu masuk kota Bandung ini, sudah digagas sejak mendiang Wali Kota Bandung Oded M. Danial masih ada.

Bahkan saat ini pemaparannya langsung dilakukan Seniman patung Indonesia, I Nyoman Nuarta. Saat ini, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana sudah memberikan lampu hijau untuk rencana tersebut segera di realisasikan.

Namun karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar, mencapai Rp28 miliar lebih, maka belum sempat direalisasikan. Namun karya seni dengan kualitas tinggi, kata Ema, memang sangat mahal.

"Dan itu sebetulnya dilihat berbagai aspek bisa merubah bagaimana opini, kesan kita pada kawasan yang saat ini, mohon maaf image nya kesemrawutan. Kami ingin tata termasuk oleh pa walikota dan kami sebagai staf menyediakan," jelas Ema di Balai Kota Bandung pada Jumat (11/3/2022) lalu. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top