Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kolaborasi Pengembangan Ekonomi di Sektor Pariwisata, Purwakarta Siapkan Pojok Ekraf

Pojok ekraf ini nantinya akan mewadahi produk-produk ekonomi lokal yang ada di sekitaran destinasi wisata di Purwakarta.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  17:43 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta mengklaim sektor pariwisata bisa menjadi salah satu andalan untuk mendongkrak perekonomian yang sempat lesu karena pandemi Covid-19.

"Kami meyakini, dengan berkembangnya pariwisata dipastikan akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang ada disekitar lokasi wisata," ujar Acep kepada Bisnis, Selasa (25/11/2022).

Acep tak memungkiri, dari adanya lokasi wisata di suatu wilayah itu bisa menumbuhkan ekonomi kreatif (ekraf) di kalangan masyarakat sekitar. Karena, sedikit besarnya mereka pun menjadi terdorong untuk produktif.

Dengan begitu, lanjut dia, tugas dinasnya sendiri tak lain dengan membuat terobosan bagaimana supaya para pelaku ekonomi kreatif ini bisa berkembang dan bisa terus produktif.

"Jadi bukan hanya pengelola wisatanya saja yang kita dorong. Tapi bagaimana, masyarakat di wilayah yang terdapat destinasi ini juga bisa terbantu dari sisi ekonomi. Ya tentunya harus terus didorong dan dimotivasi," kata dia.

Adapun salah satu upaya yang akan dilakukan jajarannya di 2022 ini, kata Acep, yakni dengan menyiapkan pojok ekraf di setiap destinasi wisata yang ada.

"Jadi, pojok ekraf ini nantinya akan mewadahi produk-produk ekonomi lokal yang ada di sekitaran destinasi wisata itu. Sehingga, antara masyarakat dengan pengelola wisata bisa berkolaborasi dan bersama-sama membangun perekonomian," tambah dia.

Acep menambahkan, hingga 2021 kemarin di wilayahnya terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif. Di antaranya, sektor kuliner, kriya/cindramata, seni rupa dan desain grafis.

"Di kita, sudah ada 168 pelaku usaha dari 17 subsektor ekonomi kreatif ini," pungkasnya. (K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi kreatif purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top