Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Umur 70 Persen Ruas Jalan Provinsi Mulai Kedaluwarsa

Kelapa Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan selain umur, jalan di Jabar pun masih banyak jalan belum standar lebarnya.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  20:05 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Usia kelayakan jalan di Jawa Barat mulai memasuki masa akhir. Dari 2.360,4 km jalan provinsi, 70 persen di antaranya umur rencana jalannya sudah habis atau memasuki usia sepuluh tahun.

Kelapa Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan selain umur, jalan di Jabar pun masih banyak jalan belum standar lebarnya.

“Untuk jalan nasional lebarnya 9 meter, sedangkan jalan provinsi 8 meter. Sementara di lapangan kebanyakan ada 4 hingga 4,5 meter,” katanya dikutip, Senin (17/1/2022).

Menurutnya dengan kondisi tersebut pihaknya harus segera melakukan rekontruksi jalan agar tidak terjadi kerusakan yang signifikan. Namun karena keterbatasan anggaran, jalan rusak di Jabar diupayakan tetap mantap dengan pemeliharaan jalan seperti penambalan jalan dan preparasi jalan.

Pihaknya mencatat jumlah panjang jalan provinsi yang harus diurus itu 2360,8 km, sedangkan panjang jalan nasional yang ada di Jabar itu 1.740 km dan jalan kabupaten kota di Jabar itu 28.000 km termasuk 1.226 jembatan, sehingga total jalan jembatan di Jabar sepanjang 31.000 km.

Urusan kewajiban provinsi dari 2.360,8 km tersebut dibagi dalam enam UPTD yang pertama wilayah Cianjur Depok Bogor Bekasi, kedua di Kabupaten Kota Sukabumi, ketiga Subang Purwakarta Karwang dan Bandung Raya, keempat Garut Sumenang, kelima priangan timur dan keenam wilayah Cirebon Majalengka dan Indramayu.

"Masalah yang terjadi panjang jalan yang harus kita urus panjang sedangkan SDM terbatas dan sumber anggaran terbatas tapi itu klise. Tapi bagaimana kita optimalkan jalan yang kita urus dengan baik. Inovasinya paling kerja sama kolaborasi dengan dunia usaha,"ujarnya.

Bambang mengatakan, terkait anggaran Dinas BMPR Jabar pada 2021 Rp1,092 triliun, sedangkan 2022 diusulan Rp1,192 triliun. "Masih pandemi, anggaran kita gunakan untuk skala prioritas. Untuk 2021 pemeliharaan jalan Rp150 miliar,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan rusak pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top