Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiga Bulan Satgas Percepatan Investasi Kabupaten Cirebon, Investor Baru Sekadar Lirik

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan sejumlah calon investor yang datang ke Kabupaten Cirebon baru sekadar menanyakan lokasi.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  16:16 WIB
Bupati Cirebon Imron Rosyadi - Bisnis/Rachman
Bupati Cirebon Imron Rosyadi - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, CIREBON - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi Kabupaten Cirebon sudah berdiri selama tiga bulan. Pemerintah daerah sampai saat ini masih menanti kedatangan investor untuk ekspansi ke wilayahnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan sejumlah calon investor yang datang ke Kabupaten Cirebon baru sekadar menanyakan lokasi.

"Baru komunikasi saja, cuma belum pasti atau tidaknya. Mudah-mudahan tahun ini ada sinyal baik," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Senin (10/1/2022).

Imron mengatakan, sebagian besar calon investor yang sudah berkomunikasi dengan Satgas Percepatan Investasi melirik wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur.

Menurut Imron, wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur memiliki kemudahan akses, lantaran berada di jalur Tol Transjawa dan laut di Pelabuhan Cirebon.

"Saya mengharapkan, investor di Kabupaten Cirebon membangun industri sesuai kondisi geografis. Contohnya, galangan kapal atau olahan ikan," katanya.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyedian lapangan kerja, salah satunya dengan meluncurkan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi.

Satgas Percepatan Investasi diluncurkan pada Kamis (28/10/2021), selain dari pemerintah daerah, satgas tersebut terdiri dari Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0620 Kabupaten Cirebon.

Kabupaten Cirebon merupakan merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang diuntungkan karena berada di jalur darat (Tol Trans Jawa), jalur udara (BIJB Kerjati), jalur kereta api, dan jalur laut (Pelabuhan Cirebon).

Menurut Imron, keuntungan tersebut tidak berbanding dengan kondisi iklim investasi di Kabupaten Cirebon. Banyak investor dalam negeri maupun luar negeri lebih memilih daerah lain.

Selain meluncurkan Satgas Percepatan Investasi, pemerintah daerah saat ini mulai menyiapkan infrastruktur penunjang proses investasi, salah satunya perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

Satgas ini juga dibentuk berdasarkan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dimana pemerintah daerah harus menjamin kemudahan bagi investor untuk berinvestasi.

Arahan dari presiden tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Investasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top