Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Minyak Goreng di Kabupaten Cirebon Masih Tinggi

Tercatat pada minggu ke-5 Desember 2021, harga minyak goreng kemasan mencapai rata-rata Rp18.492,00 per liter atau mengalami peningkatan sebesar 8,31 persen (MtM).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  11:17 WIB
Seorang pengunjung memilih minyak goreng kemasan di Supermarket GS, Mal Boxies123, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/12/2021).  - Antara Foto/Arif Firmansyah
Seorang pengunjung memilih minyak goreng kemasan di Supermarket GS, Mal Boxies123, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/12/2021). - Antara Foto/Arif Firmansyah

Bisnis.com, CIREBON - Harga minyak goreng yang dijual di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau masih melonjak hingga Senin (10/1/2022) pagi.

Berdasarkan informasi dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, melonjaknya harga kebutuhan pokok tersebut terjadi sejak beberapa bulan terakhir ini.

Harga minyak goreng di pasar tradisional untuk jenis curah, dijual dengan harga Rp19.750 per kilogram, kemasan bermerk 1 Rp20.000 per kilogram, dan kemasan bermerk 2 Rp18.500 per kilogram.

Nurdin, pedagang gorengan di Kabupaten Cirebon menyebutkan, kenaikan tersebut tidak berangsur turun. Akibatnya, ia terpaksa menaikkan harga olahan makanan tersebut.

"Awalnya saya cuma jual Rp500 satunya. Tetapi semenjak naik, jadi Rp2.000 dapat tiga. Sangat mengeluhkan adanya kenaikan tersebut," kata Nurdin di Pasar Sumber Kabupaten Cirebon, Senin (10/2/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan bahwa prioritas utama pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan rakyat. Menurutnya, harga minyak goreng harus terjangkau masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah harus memprioritaskan melakukan penyediaan minyak goreng dengan harga terjangkau oleh masyarakat, sekaligus menciptakan stabillisasi harga minyak goreng di dalam negeri.

Arahan Presiden tersebut ditujukan untuk merespon dengan cepat tren kenaikan harga pangan, khususnya minyak goreng yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Tercatat pada minggu ke-5 Desember 2021, harga minyak goreng kemasan mencapai rata-rata Rp18.492,00 per liter atau mengalami peningkatan sebesar 8,31 persen (MtM).

“Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah mengambil kebijakan menyediakan minyak goreng untuk masyarakat dengan harga Rp14.000,00 per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada press briefing kebijakan Pemerintah terkait harga minyak goreng, di Jakarta, Rabu (5/01).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top