Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

19.691 Penumpang Naik dan Turun di Stasiun Wilayah Daop 3 Cirebon

Humas Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan jumlah rata-rata penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon per harinya sebanyak 1.800 penumpang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 19.691 penumpang naik dan turun di stasiun wilayah Daerah Operasi (Daop) Cirebon selama periode 19 sampai 27 Desember 2021.

Humas Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan jumlah rata-rata penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon per harinya sebanyak 1.800 penumpang. Angka tersebut naik dibandingkan dengan periode November 2021.

"Jadi ada kenaikan sekitar 300 penumpang per harinya, dibandingkan bulan sebelumnya," kata Suprapto di Kota Cirebon, Senin (27/12/2021).

Suprapto mengatakan, rute yang menjadi favorit masyarakat di wilayah KAI Daop 3 Cirebon yakni, relasi Cirebon-Jakarta, Cirebon-Surabaya, Cirebon-Yogyakarta, Cirebon-Semarang, Cirebon-Malang, dan Cirebon-Jember.

Ia menambahkan, pada periode tersebut pun pihaknya membatalkan perjalanan untuk 415 penumpang. Hal ini karena ratusan orang itu tidak bisa memenuhi persyaratan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“PT KAI Daop 3 Cirebon memastikan hanya pelanggan yang benar – benar memenuhi persyaratan yang boleh berangkat naik KA. Apabila tidak dapat memenuhi, kami mohon maaf, yang bersangkutan tidak bisa naik, dan selanjutnya bea tiket akan kembalikan sebesar 100 persen di luar biaya pemesanan,” kata Suprapto.

Ditambahkan Suprapto, pihaknya menerapkan pembatasan kapasitas tempat duduk yang dijual, yakni hanya 80 persen dari kapasitas tempat duduk yang dijual. Peraturan itu sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021.

Bagi masyarakat di wilayah Daop 3 Cirebon kini tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan kereta api. Syarat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, cukup dengan surat keterangan hasil negatif tes antigen maksimal 1x24 jam.

Penyesuaian tersebut sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 2 November 2021.

Suprapto menambahkan, guna mendapatkan surat keterangan tersebut, calon penumpang cukup mengeluarkan uang sebesar Rp45.000 untuk layanan rapid tes antigen. Di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat 5 stasiun yang terdapat layanan pemeriksaan tes tersebut.

Lima stasiun tersebut yakni, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Haurgeulis, dan Stasiun Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper