Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Monumen Pahlawan Covid-19 Diresmikan, Wapres Apresiasi Ridwan Kamil

Monumen yang berlokasi di depan Gedung Sate adalah pengingat dan menghormati jasa mereka. Menurutnya berkat jasa para pahlawan yang berada di garis depan, seperti tenaga kesehatan, ASN dan lain-lain.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  21:19 WIB
Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin (kanan) meresmikan monumen Pahlawan Covid-19 di Kota Bandung, Sabtu (4 - 12).
Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin (kanan) meresmikan monumen Pahlawan Covid-19 di Kota Bandung, Sabtu (4 - 12).

Bisnis.com,BANDUNG—Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin meresmikan monumen Pahlawan Covid-19 di Kota Bandung, Sabtu (4/12).

Peresmian ini menurut Wapres sekaligus pengingat bahwa pandemi belum berakhir seiring dengan munculnya varian baru, sehingga akselerasi vaksinasi harus terus dilakukan.

“Selama hampir dua tahun bangsa Indonesia sudah berjuang bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19. Selama waktu itu pula banyak yang gugur,” katanya.

Monumen yang berlokasi di depan Gedung Sate adalah pengingat dan menghormati jasa mereka. Menurutnya berkat jasa para pahlawan yang berada di garis depan, seperti tenaga kesehatan, ASN dan lain-lain, Indonesia masuk ke dalam negara yang dianggap berhasil mengatasi bahaya Covid-19.

“Monumen ini adalah pengingat bahwa bangsa kita pernah melewati ujian besar. Karena itu, pemerintah menyampaikan terima kasih yang setulusnya dan penghargaan yang setingginya atas pengorbanan dan kerja keras kolaborasi semua pihak dalam menghadapi pandemi. Terutama para pejuang di garda depan yang rela lelah dan berpeluh demi keselamatan bangsa,” kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf menyatakan bahwa pembangunan monumen ini adalah salah satu cara untuk mengenang dan menghargai para “tentara Allah”. Karena itu kepedulian Jabar ini Ia berharap bisa menginspirasi daerah lain.

Lebih dari itu, pandemi mengajarkan semua pihak agar terus saling tolong menolong dan saling menguatkan. Itu adalah salah satu kekuatan yang harus dijaga untuk menghadapi segala ujian yang dihadapi.

“Pahlawan ini harus terus kita abadikan, lestarikan dalam berbagai bentuk seperti yang dilakukan pemerintah provinsi Jawa Barat. Terimakasih pak Gubernur, mudah-mudahan ini bisa ditiru dicontoh oleh daerah lain. Sebenarnya pemerintah pusat juga ingin membuat sesuatu yang bisa kita abadikan untuk menghargai pahlawan yang gugur saat pandemi Covid-19,” katanya.

“Saat ini komponen bangsa harus terjaga erat, saya bangga karena masyarakat indonesia begitu siggap, saling tolong menolong meskipun tengah menghadapi kesulitan yang sama. Hari ini, Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat saya resmikan,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berterimakasih kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mewakili Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19.

Ia menegaskan bahwa hal ini adalah kami maksudkan agar menginspirasi daerah-daerah lain, pak, untuk melakukan penghormatan kepada mereka-mereka yang sudah berjuang dan berpulang selama pandemi Covid-19.

“Jika bapak wapres lihat, bentuk monumennya itu gerbang bukan tugu tunggal. Artinya, dari sini sampai ke titik gerbang, suasananya adalah haru, sedih, dan rasa mengingat penuh dengan memori-memori yang agak sedih. Tapi, setelah lewat titik gerbang, kita akan melihat semangat tumbuh, semangat tangguh, bahwa Indonesia bisa menata masa depan melewati pandemi ini,” jelas Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan bahwa pandemi merusak seluruh dimensi kehidupan. Hampir dua tahun pandemi terjadi, ada sekira 14 ribu warga meninggal dunia. Lalu, Indonesia kehilangan sekra 2 ribu dokter, tenaga kesehatan dan relawan.

“Namun di sisi lain, pandemi ini memberikan banyak hikmah kepada kita. Pandemi mendorong kita selalu aktif bergerak, mengambil keputusan tanpa selalu menunggu. Pandemi mengajarkan agar kita selalu terbuka dengan data-data tanpa menipu, mengambil keputusan berdasarkan ilmu, melahirkan inovasi-inovasi sebagai solusi baru. Dan pandemi mengingatkan kita agar selalu bersemangat dan bersatu.

“Monumen ini adalah pemulia pengorbanan para pahlawan kita dan ruang ini adalah simbol kekuatan kita sebagai umat manusia. Mereka telah berpulang agar kita tetap bisa menang. Mereka luruh agar kita tetap bisa tumbuh. Mereka gugur agar kita masih bisa terus bertutur. Mereka berkorban agar kita tetap punya masa depan. Monumen Covid-19 Jabar ini untuk mereka untuk para pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” pungkasnya.

Selepas meresmikan, mereka berdua menemui keluarga korban yang gugur. Di antaranya, Salsa, anak dari Dede Rohayati yang sebelum meninggal dunia bertugas sebagai bidan di RSUD Al-Ihsan. Lalu, mereka bertemu dengan anak dari Ketua Tim Penguji Vaksin Novilia Syafri Bahtiar.

Di acara yang sama, Founder Yayasan Indonesia Pasti Bisa Deddy Corbuzier memberikan 150 beasiswa kepada anak-anak para pahlawan Covid-19 yang gugur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil wapres ma'ruf amin
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top