Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Purwakarta Gandeng Ewindo Kembangkan Kawasan Agro Eduwisata

Pemkab Purwakarta berencana mengembangkan agro eduwisata di wilayah perkotaan dengan melibatkan produsen benih yakni PT East West Seed Indonesia (Ewindo).
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 25 Agustus 2021  |  22:27 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta berencana mengembangkan agro eduwisata di wilayah perkotaan dengan melibatkan produsen benih yakni PT East West Seed Indonesia (Ewindo).

Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Purwakarta Tri Hartono menuturkan, pemerintah memang sudah merancang pembangunan urban farming center.

Ke depan, di wilayah perkotaan akan disiapkan lahan yang diperuntukan sebagai area edukasi pertanian bagi masyarakat, khususnya yang ada di wilayah perkotaan.

“Kemarin, kita sudah melakukan pembahasan dengan PT Ewindo terkait program tersebut. Semoga, bisa segera terealisasi,” ujar Tri, Rabu (25/8/2021).

Tri menjelaskan, adanya lahan pertanian khusus seperti ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi masyarakat. Di samping itu, ini bisa menjadi upaya membuka lapangan kerja dan pengembangan UMKM di sektor pertanian dan perkebunan.

“Lahan Agro Eduwisata ini, rencananya akan disiapkan dekat Balai Penyuluh Pertanian di sekitar Tegal Onder, Kecamatan Pasawahan,” kata dia.

Adapun kerja sama dengan pihak Ewindo, kata dia, di antaranya dalam hal pendampingan, bantuan penyediaan benih, penyuluhan dan sebagai pemanduan dalam perbenihan juga konsep konsep Urban Farming.

“Nanti, juga akan disiapkan pelatihan secara gratis dan secara berkala untuk para kelompok tani dan unsur pemerintahan dengan tujuan agar kawasan ini bermanfaat bagi masyarakat Purwakarta,” tambah dia.

Seperti diketahui, selama ini masyarakat khusunya di wilayah perkotaan cenderung merasa kebingunan jika ingin bercocok tanam. Ketersediaan lahan, mungkin yang menjadi salah satu kendalanya.

Mungkin, masih banyak yang beranggapan bahwa pertanian itu identik dengan wilayah pedesaan. Karena, lahan untuk pertanian lebih luas di pedesaan. Akan tetapi, seiring dengan peningkatan permintaan sayur dan buah dari masyarakat perkotaan, maka pertanian bagi warga urban dinilai sangat penting juga. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top