Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produksi 1.200 Ton Oksigen Cair, Sinar Mas Group Salurkan Seluruhnya untuk Penanganan Covid-19

Oksigen cair sendiri memungkinkan untuk dikonversi menjadi oksigen medis dalam jumlah banyak. Dengan produksi 1.200 ton per hari, maka jika dikonversi menjadi tabung oksigen jumlahnya bisa mencapai 1 juta tabung.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  15:58 WIB
Produksi 1.200 Ton Oksigen Cair, Sinar Mas Group Salurkan Seluruhnya untuk Penanganan Covid-19
Distribusi bantuan oksigen cair untuk Provinsi Jawa Barat - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Sinar Mas Group memastikan berkontribusi penuh pada penanganan pandemi Covid-19 khususnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen di daerah di Indonesia.

Managing Director Sinar Mas Group Saleh Husein mengatakan pihaknya dalam kurun waktu 10 hari sudah menyalurkan 400 ton oksigen cair ke sejumlah daerah yang mengalami kekurangan oksigen.

Menurutnya upaya Sinar Mas membantu pemerintah dalam pengadaan oksigen ditopang oleh sejumlah pabrik anak usaha yang bisa memproduksi oksigen cair. Oksigen ini sehari-hari digunakan untuk kebutuhan pabrik korporasi.

“Kita bisa menghasilkan 1.200 ton setiap bulan, ini biasa kita pakai sendiri. Tapi di situasi pandemi, sangat membutuhkan oksigen, pemilik memutuskan seluruh oksigen cair yang ada disumbangkan ke masyarakat melalui pemerintah daerah,” katanya di acara Jabar Punya Informasi (Japri) bertema Jabar Indonesia 1 Nafas yang digelar secara hibrid di Bandung, Rabu (28/7/2021).

Diharapkan sumbangsih ini bisa membantu daerah keluar dari krisis oksigen yang dialami oleh sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19.

Oksigen cair sendiri memungkinkan untuk dikonversi menjadi oksigen medis dalam jumlah banyak. Dengan produksi 1.200 ton per hari, maka jika dikonversi menjadi tabung oksigen jumlahnya bisa mencapai 1 juta tabung.

“Kalau Jawa Barat 4 iso tank kira-kira 80 ton, itu dikonversi ke tabung gas bisa puluhan ribu,” ujarnya.

Namun ketersediaan oksigen cair dalam jumlah besar ini menurut Saleh Husein tetap mensyaratkan daerah memiliki iso tank. Saat ini daerah yang membutuhkan oksigen cair, kesulitan mendapatkan iso tank berbeda dengan Jawa Barat yang mengupayakan untuk memiliki iso tank sejak awal krisis oksigen.

“Kapanpun iso tank dari Jawa Barat datang kami kerja 24 jam untuk mengisi,” katanya.

Pihaknya juga sudah mengusulkan pada Kementerian Kesehatan agar bisa menyediakan iso tank bagi daerah-daerah yang membutuhkan oksigen cair.

“Kami koordinasi dengan Kemenkes dan pemerintah provinsi lain, saat ini oksigen cair kita cukup banyak namun iso tank yang menjadi kendala,” katanya.

Sinar Mas Group melalui PT OKI Pulp & Paper Mills di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan membantu pasokan oksigen cair sebanyak 85,5 ton ke Jawa Barat. Pengiriman sudah dilakukan sejak awal pekan ini untuk kemudian disalurkan ke wilayah-wilayah di Jawa Barat yang mengalami kekurangan oksigen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas group Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top