Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahap 2 Hampir Selesai, Jalan Lingkar Utara Jatigede Tahap 3 Dimulai Tahun Depan

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan Waduk Jatigede sebagai kawasan wisata tingkat dunia.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  09:36 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau Jalan Lingkar Utara Jatigede - Hakim Baihaqi
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau Jalan Lingkar Utara Jatigede - Hakim Baihaqi

Bisnis.com, SUMEDANG—Pemerintah Kabupaten Sumedang memastikan pengerjaan Jalan Lingkar Utara Jatigede tahap 3 akan mulai dikerjakan pada 2022. Langkah itu dilakukan setelah tahap 2 pembangunan jalan itu sudah hampir rampung tahun ini.

Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang, mengatakan bahwa dirinya telah meninjau langsung pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede tahap 2. Jalan itu sendiri terbentang sepanjang 2,4 kilometer daan lebar 6 meter.

Jalan yang menunjang akses menuju Waduk Jatigede tersebut sudah hampir rampung, sehingga pengerjaan tahap 3 bisa dimulai tahun depan.

“Saya meninjau langsung pembangunan ruas jalan tersebut, alhamdulillah jalan sudah hampir selesai,” kata Dony di Kabupaten Sumedang, Senin (26/7/2021).

Dony menuturkan, pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan Waduk Jatigede sebagai kawasan wisata tingkat dunia.

“Jalan ini adalah salah satu jalan yang mempermudah akses ekonomi, pariwisata, dan mempermudah arus orang serta barang,” ujarnya.

Di wilayah sekitar Waduk Jatigede sendiri sebenarnya sudah ada dua jalur jalan, yakni Jalan Lingkar Selatan—Barat dan Lingkar Timur. Keduanya, bakal tersambung dengan Jalan Lingkar Utara.

Bila semua jalan lingkar tersambung, maka perairan Waduk Jatigede akan dikelilingi jalan panjang dan lebar berskala nasional.

“Sehingga orang mudah datang ke tempat-tempat wisata tersebut. Kalau wisata maju akan menggerakkan ekonomi yang akhirnya menyejahterakan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pembangunan ruas Jalan Lingkar Utara Jatigede menggunakan rabat beton dengan jumlah anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp17,2 miliar.

Tahun lalu, pembangunan Jalan Lingkar Utara dilakukan sepanjang 3,8 kilo meter, mulai dari Kampung Eretan Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede, sampai Warung Ramping Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top