Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Purwakarta Targetkan Produksi Padi Bisa Kembali Surplus

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Tatang Sopian menuturkan, luas lahan baku sawah di wilayahnya mencapai 18.075 hektare yang tersebar di sejumlah kecamatan.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  20:17 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta terus menggenjot peningkatan indeks pertanaman (IP).

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Tatang Sopian menuturkan, luas lahan baku sawah di wilayahnya mencapai 18.075 hektare yang tersebar di sejumlah kecamatan. Pada medio April-September ini dinasnya menargetkan luas lahan yang melakukan tanam itu di angka 16.075 hektare.

“Saat ini sudah tercapai 13.659 hektare atau sekitar 86,2 persen dari luas baku areal pesawahan di kita,” ujar Tatang kepada sejumlah wartawan, Kamis (10/6/2021).

Tatang mengaku, pihaknya optimistis target tanam ini bisa tercapai, karena masih ada waktu. Sejauh ini, pihaknya pun terus mendorong para petani untuk segera tanam. Jadi, selagi ada air petani langsung melakukan tanam kembali setelah panen.

Pihaknya bersyukur, karena selama ini produksi beras di wilayahnya kerap surplus.

Merujuk pada data di dinasnya, dari luas lahan yang ada itu mampu menghasilkan padi 248.000 ton gabah kering pungut (GKP) per tahunnya. Dengan asumsi, rata-rata produksinya mencapai 6,2 ton GKP per hektare. Jadi, dalam setahun lahan yang bisa panen itu mencapai 40.000 hectare.

“Karena, setahun ada yang dua kali juga tiga kali panen,” kata dia.

Pihaknya pun optimistis produksi beras di wilayahnya bisa kembali surplus dan melebihi target. Apalagi, ketersediaan air untuk kebutuhan pesawahan, sampai saat ini masih sangat melimpah. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top