Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Dombret Purwakarta Layani Jual Beli Ternak Secara Digital

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pasar Dombret melayani transaksi jual beli hewan ternak, baik secara online maupun offline yang menyasar pedagang ternak dan masyarakat umum.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  11:45 WIB
Peresmian Pasar Dombret di Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana
Peresmian Pasar Dombret di Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Dua bulan menjelang perayaan Iduladha, Pemkab Purwakarta meresmikan Pasar Dombret yaitu pasar domba murah berinternet.

Selain domba, pasar berbasis digital ini juga menjual ternak lainnya, seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pasar Dombret melayani transaksi jual beli hewan ternak, baik secara online maupun offline yang menyasar pedagang ternak dan masyarakat umum.

"Kami bersama dewan koperasi Indonesia (Dekopin) telah meresmikan pasar tersebut," ujar Anne, kepada Bisnis.com, Senin (31/5/2021).

Keberadaan Pasar Dombret ini, lanjut Anne, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat terutama saat musim pandemi Covid-19 ini.

Anne menyebutkan, sejak 2016 lalu Purwakarta mengalami surplus domba. Bahkan, medio 2016-2017 polulasi domba mencapai 7 juta ekor. Surplus domba itu lantaran adanya program bupati sebelumnya Dedi Mulyadi, yang meminta anak-anak sekolah memelihara domba dari bantuan pemerintah.

Hasil dari pengembangbiakan domba itu berimplikasi pada nilai di rapor anak-anak sekolah itu. Tahun ini, populasi domba masih cukup bagus sekitar 5,9 juta ekor. Populasi ini, bukan dari industri melainkan kultur alias ternak.

"Tapi, masalahnya ketika terus dikembangbiakkan mereka mau pasarkan ke mana? Jadi, domba yang dikembangbiakkan perlu dipasarkan semacam lewat Pasar Dombret ini," jelasnya.

Inisiator Pasar Dombret Robi Nurhadi mengatakan pasar ini menjadi titik harapan bagi semua, utamanya warga sekitar untuk memulai langkah lebih baik di tengah situasi pandemi. Belum lagi, momen Iduladha yang biasanya permintaan akan ternak meningkat signifikan.

"Inilah respons anak-anak muda Purwakarta membuat Pasar Dombret, dan kami ingin berikan ruang kepada para penjual ternak yang ada di wilayah kami," ujarnya.

Lokasi Pasar Dombret ini berada di Perum Bumi Gandasari. Penjual dapat membuka lapaknya secara gratis sehingga saat Iduladha nanti pedagang tak perlu berjualan di pinggir jalan lagi.

"Silakan siapa pun, jualan gratis tak perlu sewa lapak asalkan mereka dapat jujur saat bertransaksi dengan pembeli dan anak muda silakan mengonlinekannya" ujarnya.

Ketua Dewan Koperasi Insonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengatakan dombret identik dengan wanita yang menjual goyangan tubuhnya. Tetapi, dombret di Purwakarta ini merupakan singkatan dari domba murah berinternet. Pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya pasar ini, bahkan fasilitas ini bisa berbasis koperasi.

"Saya melihat pasar ini memiliki prinsip sistem koperasi yang di dalamnya ada kejujuran, keterbukaan, sportivitas," jelasnya. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top