Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Tol Cisumdawu, Sumedang Usulkan Beberapa Jalan Jadi Status Nasional

Selain diusulkan menjadi jalan nasional, sejumlah ruas jalan lainnya di Kabupaten Sumedang diusulkan statusnya menjadi jalan provinsi.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  19:53 WIB
Kendaraan melintas di sekitar proyek tol Cisumdawu - Bisnis/Hakim Baihaqi
Kendaraan melintas di sekitar proyek tol Cisumdawu - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berharap ruas Jalan Cimalaka-Cipadung hingga Hariang, statusnya bisa beralih ke jalan nasional.

Dony menyebutkan dalam waktu dekat ini pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melakukan peninjauan terkait rencana tersebut.

"Dalam waktu dekat ini pihak PUPR akan melakukan peninjauan mudah-mudahan saja jalan tersebut layak untuk dijadikan jalan arteri, jalan Nasional," kata Dony, Rabu (25/5/2021).

Menurut Dony, kalau jalan Cimalaka Cipadung hingga Hariang menjadi jalan nasional, nantinya bakal menguntungkan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang.

Setelah naik status menjadi jalan nasional, jalan tersebut pun bakal diperlebar, sehingga bisa memudahkan akses transportasi bagi masyarakat.

"Dengan akses jalan yang bagus akan memudahkan mobilitas warga yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian," kata Dony.

Selain itu, kata Dony, Pemerintah Kabupaten Sumedang pun mengusulkan beberapa jalan lainnya, di antaranya Jalan Legok Conggeang Buahdua hingga Hariang juga bisa dijadikan jalan nasional.

Jalan tersebut nantinya bakal menjadi akses keluar Tol Cisumdawu yang saat ini masih dalam pengerjaan. "Kami berupaya agar jalan jalan tersebut dapat ditingkatkan statusnya," kata Dony.

Selain diusulkan menjadi jalan nasional, sejumlah ruas jalan lainnya di Kabupaten Sumedang diusulkan statusnya menjadi jalan provinsi.

Beberapa jalan tersebut di antaranya, Jalan Kolonel Ahmad Syam, Jalan Cipadung-Cisempak, Jalan Burujul-Sanca, dan Jalan Buahdua-Burujul.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top