Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumedang Usulkan 1.265 Formasi untuk CPNS dan P3K

Seleksi CPNS hanya untuk tenaga teknis dan tenaga kesehatan, lantaran di Kabupaten Sumedang kedua formasi tersebut masih kurang.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  13:54 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang mengusulkan 1.265 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kasubid Pengadaan dan Pensiun, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Asep Darussalam mengatakan formasi kebutuhan tahun ini terdiri dari 175 untuk CPNS dan 1.079 P3K.

"Pengajuan untuk formasi CPNS dan P3K sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat, dimana jumlah P3K formasi guru harus lebih banyak daripada jumlah CPNS," kata Asep di Sumedang, Selasa (25/4/2021).

Asep mengatakan untuk seleksi CPNS hanya untuk tenaga teknis dan tenaga kesehatan, lantaran di Kabupaten Sumedang kedua formasi tersebut masih kurang.

Pemerintaha Kabupaten Sumedang mengakui, jika usulan tersebut dapat dikurangi oleh Kemenpan RB.

"Kemungkinan dikurangi karena diperhitungkan dengan anggaran juga. Jadi, disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemerintah Kabupaten Sumedang," katanya.

Asep mengatakan, adanya perekrutan CPNS 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Sumedang dipastikan tetap mengalami kekurangan pegawai karena jumlah pegawai pensiun lebih dari 175 orang.

Pendaftaran seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 akan dibuka pada akhir bulan ini, yaitu mulai tanggal 31 Mei 2021.

Pada seleksi ASN 2021 ini, terdapat 3 kategori yaitu CPNS, Sekolah Kedinasan dan Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk tahun ini, ada sekitar 1.275.387 orang, angka tersebut terbagi menjadi 83.669 orang pada pemerintah pusat dan 1.191.718 orang pada instansi daerah.

Dalam pemilihan dan penyeleksian ASN pada tahun ini, pemerintah melakukannya dengan sangat ketat.

Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan ASN yang memiliki sikap anti-radikalisme. Selain itu, bagi kalian yang ingin mendaftar seleksi ASN 2021 jangan lupa untuk mempersiapkan ijazah, transkip nilai, surat keterangan akreditasi, surat keterangan sehat dan TOEFL.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top