Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Garut: Penutupan Objek Wisata Hanya Sementara

Bupati Garut menyampaikan musim libur Idulfitri mulai dengan perayaan salat Id berjalan tertib dan mematuhi protokol kesehatan, namun hari kedua Idulfitri terjadi kerumunan orang di tempat wisata.
Bupati Garut Rudy Gunawan/Antara
Bupati Garut Rudy Gunawan/Antara

Bisnis.com, GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan penutupan objek wisata di Kabupaten Garut hanya bersifat sementara berdasarkan tingkat kerumunan orang dan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19.

"Hanya sementara saja, nanti dibuka lagi, kalau overload ditutup," kata Bupati kepada wartawan di Garut, Senin (17/5/2021).

Ia menyampaikan musim libur Idulfitri mulai dengan perayaan salat Id berjalan tertib dan mematuhi protokol kesehatan, namun hari kedua Idulfitri terjadi kerumunan orang di tempat wisata.

"Dari sisi pelaksanaan Idulfitri cukup baik tertib ada jaga jarak, di pariwisata hari kedua kita agak jebol di selatan, kita melakukan langkah-langkah pembubaran," katanya.

Adanya pelanggaran protokol kesehatan di tempat wisata itu, kata Bupati, membuat jajaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melakukan tindakan tegas dengan menutup seluruh objek wisata.

Namun penutupan itu, kata dia, tidak selamanya, melainkan hanya sementara, objek wisata kembali dibuka jika tingkat kunjungannya sudah terlihat tidak melebihi kapasitas tempat di atas 50 persen.

"Kami tidak menutup tempat pariwisata, asal tidak melebihi kapasitas 50 persen," katanya.

Ia menyampaikan kondisi kerumunan orang saat musim libur Idulfitri tidak hanya di Garut saja tapi terjadi di daerah lainnya juga yang diberlakukan sama oleh pemerintah daerah dilakukan penutupan tempat wisata.

Ia mengimbau situasi masih pandemi Covid-19 ini seluruh elemen masyarakat dapat menahan diri menghindari kerumunan orang di tempat wisata.

"Sekarang sudah landai kalau kemarin bukan di Garut saja tapi semua daerah, saya berharap semua pihak menahan diri untuk tidak pergi ke kerumunan," katanya.

Sebelumnya Satgas Penanganan Covid-19 Garut memberlakukan penutupan tempat wisata di wilayah pantai selatan Garut dan pemandian air panas Cipanas Garut karena ada lonjakan pengunjung yang melebihi kapasitas tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler