Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejak Idulfitri, 23.586 Pelancong Kunjungi Kawasan Wisata Purwakarta

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menuturkan sejumlah destinasi yang ada di wilayahnya sudah mulai didatangi wisatawan sejak hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  16:23 WIB
Wisatawan melalui proses pemeriksaan saat memasuki taman wisata Cikao Park di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana.
Wisatawan melalui proses pemeriksaan saat memasuki taman wisata Cikao Park di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana.

Bisnis.com, PURWAKARTA – Pesona alam di Kabupaten Purwakarta ternyata masih memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi masyarakat yang doyan berwisata. Terbukti, di momen liburan Lebaran seperti sekarang ini banyak lokasi wisata di wilayah tersebut yang diserbu pelancong.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menuturkan sejumlah destinasi yang ada di wilayahnya sudah mulai didatangi wisatawan sejak hari raya Idulfitri 1442 Hijriah. Hingga H+1 lebaran atau hari Jumat kemarin, pihaknya mencatat sudah ada sebanyak 23.586 pengunjung.

“Jumlah kunjungan tersebut terhitung dari tanggal 14-15 Mei kemarin. Untuk pengunjung sendiri, merupakan jumlah akumulasi dari beberapa lokasi wisata,” ujar Acep kepada Bisnis.com, Minggu (16/5/2021).

Acep menuturkan pihaknya sudah memperkirakan jika lonjakan pengunjung akan terjadi pada H+2 dan H+3 lebaran karena bertepatan dengan akhir pekan. Dalam hal ini, pihaknya meminta dengan tegas supaya para pengelola pariwisata tetap mengacu pada protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

“Untuk data hari Sabtu dan Minggu ini masih direkap. Kemungkinan, melebihi dua hari sebelumnya,” jelas dia.

Sejauh ini pihaknya meyakini seluruh pengelola wisata tengah mempersiapkan penerapan protokol kesehatan di lokasi masing-masing. Pihaknya berharap, seluruh pengelola pariwisata yang ada bisa terus konsisten menjalankan penerapan prokes.

“Kepada masyarakat, kami juga mengimbau mau berwisata silakan, asal harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas dia.

Acep menambahkan di wilayahnya terdapat 62 destinasi wisata. Dari jumlah tersebut, 30 di antaranya merupakan lokasi wisata alam/buatan milik swasta. Selebihnya, adalah wisata religi dan kuliner.

“Untuk wisata milik pemerintah, semisal Taman Sribaduga, untuk sementara ini masih ditutup. Tapi, masih ada banyak pilihan. Dalam hal ini, kami juga berpesan supaya masyarakat tidak memaksakan masuk ke lokasi yang sudah penuh. Silahkan cari yang lain, karena di kita banyak tersebar lokasi-lokasi wisata lainnya,” tambah dia.

Sementara itu pantauan Bisnis.com, para pengelola wisata terlihat sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Bahkan, ada di antaranya menerapkan SOP secara maksimal. Salah satunya, seperti yang dilakukan pengelola taman wisata Cikao Park di Kecamatan Jatiluhur.

Dirut Cikao Park Afrijal Hadi menuturkan di momen Lebaran ini pihaknya turut bekerjasama dengan Tim Satgas Covid-19 setempat terkait pengawasan pembatasan pengunjung. Dalam hal ini, petugas akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan KTP. Jika pengunjung dari luar Purwakarta, dengan sangat terpaksa harus diarahkan untuk putar balik.

“Kita terapkan protokol kesehatan secara ketat, setiap pengunjung wajib menerapkan 5M, kami juga menyediakan tes GeNose gratis. Ada juga rapid tes yang disiapkan Tim Satgas,” ujar Afrijal. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top