Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyekatan Larangan Mudik Lebaran di Sumedang Diklaim Kondusif dan Efektif

Doni mengaku mendapat beberapa masukan terkait operasi penyekatan di perbatasan Sumedang.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  19:25 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menilai proses penyekatan untuk larangan mudik di wilayahnya berjalan kondusif dan efektif.

Hal tersebut diakui Dony setelah mendengar laporan dari Forkopimda yang melakukan monitoring pelaksanaan penyekatan.

"Saat kamu melakukan monitorong di titik penyekatan Cimanggung, sudah bagus dan efektif, dipilah jalur kiri dan kanan antara plat luar dan plat Sumedang bisa langsung jalan. Untuk Intensitas kendaraan yang di luar Plat Z, memang harus dilakukan pemeriksaan," kata Dony, Senin (10/5/2021).

Setelah melakukan kegiatan Rakor pada Sabtu (8/5/2021), Doni mengaku mendapat beberapa masukan terkait operasi penyekatan di perbatasan Sumedang.

"Ada beberapa masukan yang memang harus diperhatikan yaitu terkait pembagian sif petugas jaga yang harus jelas, pemberian motivasi pada petugas jaga agar tetap bisa menjalankan tugas dengan baik serta petugas di lapangan harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu memakai masker," katanya.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo menyebutkan, pemudik yang tiba di Sumedang sebelum 6 Mei 2021 untuk melapor ke Satgas Covid-19 dan melaksanakan isolasi mandiri sesuai aturan dari pemerintah.

Eko mengatakan, di Sumedang saat ini masih masih diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Nantinya, setiap pemudik yang datang harus mengikuti instruksi dari petugas posko masing-masing desa.

"Para bakal benar-benar memastikan bahwa pemudik tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing minimal lima hari," kata Eko.

Polres Sumedang memastikan, penyekatan kepada pemudik akan dilakukan pada 6 Mei 2021. Saat ini, masih diterapkan pengetatan sesuai instruksi dari pemerintah pusat.

Cek poin berada di beberapa perbatasan mulai dari Jatinangor, Cimanggung, Cikaramas, Buahdua, Surian, Cibugel, Tomo, dan Wado.

Adanya penyekatan di titik tersebut, maka warga luar yang masuk ke Sumedang bakal diperiksa apakah menyertakan surat bebas Covid-19, atau surat izin keluar masuk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang Mudik Lebaran
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top