Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Kebutuhan Bahan Pangan Hewani di Purwakarta Melonjak

Budi menyebutkan, kebutuhan daging sapi pada bulan ini mencapai 90 ton, melonjak 100 persen dari bulan April yang hanya mencapai 45 ton.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta melansir kebutuhan pangan hewani menjelang Lebaran 2021 mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta Budi Supriadi mengatakan bahan pangan hewani ini meliputi daging sapi, daging ayam, dan telur ayam. Ketiga jenis bahan pangan hewani ini, kebutuhannya mengalami kenaikan bulan Mei ini.

"Kenaikannya karena adanya perayaaan Idulfitri 1442 Hijriah. Jadi kebutuhannya naik tajam," ujar Budi, kepada Bisnis.com, Jumat (7/5/2021).

Budi menyebutkan, kebutuhan daging sapi pada bulan ini mencapai 90 ton, melonjak 100 persen dari bulan April yang hanya mencapai 45 ton. Adapun ketersediaan daging sapi pada bulan ini mencapai 120 ton.

Untuk daging ayam, kebutuhannya bulan ini mencapai 463,10 ton. Kebutuhan ini, naik dibanding bulan April yang hanya 442,05 ton.

Sedangkan ketersediaannya daging ayam di bulan ini, melebihi kebutuhan yakni mencapai 647,90 ton. Selanjutnya, untuk kebutuhan telur ayam di bulan ini, mencapai 220 ton. Kebutuhan ini naik signifikan dibanding bulan April yang mencapai 166,95 ton.

"Untuk ketersediannya mencapai 237,60 ton," ujar Budi.

Menurut Budi, kalau ketersediaan stoknya, terutama menjelang lebaran ini tak ada masalah. Namun, yang harus diwaspadai adalah lonjakan harga. Sebab, momentum awal puasa dan lebaran, permintaan akan bahan pangan hewani memang melonjak tajam. Hal itu, akan dibarengi dengan naiknya harga daging ataupun telur. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper