Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Bandung Raya tidak Bisa Mudik ke Sumedang Meskipun Dekat

Warga Sumedang yang bekerja di daerah Bandung Raya maupun sebaliknya, masih diperbolehkan untuk keluar masuk namun dengan syarat harus memiliki surat tugas dari tempat kerja.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  11:25 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Warga Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat) tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke Kabupaten Sumedang karena wilayah ini tidak masuk ke dalam aglomerasi.

"Sudah sepakat dengan semua, Sumedang tidak masuk aglomerasi, sehingga mudik dari Bandung ke Sumedang dilarang," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Atang Sutarno, Selasa (4/5/2021).

Atang mengatakan, tidak masuknya Sumedang ke dalam wilayah aglomerasi Bandung Raya sudah menjadi pertimbangan Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

Warga Sumedang yang bekerja di daerah Bandung Raya maupun sebaliknya, masih diperbolehkan untuk keluar masuk namun dengan syarat harus memiliki surat tugas dari tempat kerja.

Surat tugas dari tempat kerja tersebut, nantinya akan dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan di pos penyekatan selama larangan mudik diberlakukan.

"Surat tugas harus yang sudah ditanda tangan pimpinan baik tandangan basah maupun elektronik," kata Atang.

Ditambahkan Atang, aturan tersebut harus, diikuti warga Kabupaten Sumedang, meskipun jarak antara Bandung dengan Sumedang relatif dekat.

"Sudah tidak ada alasan lagi, mau tidak mau semua aturan itu harus dipatuhi," katanya.

Kabupaten Sumedang menyiapkan cek poin di sejumlah pintu masuk kabupaten tersebut. Dilakukan sebagai upaya penyekatan kepada pemudik pada perayaan Idulfitri 1442 H.

Cek poin berada di beberapa perbatasan mulai dari Jatinangor, Cimanggung, Cikaramas, Buahdua, Surian, Cibugel, Tomo, dan Wado.

Meskipun larangan mudik sudah ditetapkan oleh pemerintah pada pada 6 sampai 17 Mei 2021, tim gabungan di Sumedang mulai saat ini melalukan sejumlah langkah antisipasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top