Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuks, Nikmati Kebersamaan Munggahan di Waduk Cirata

Bagi masyarakat yang hendak menggelar tradisi munggahan di luar rumah, mungkin tak ada salahnya datang ke kawasan Waduk Cirata. Di lokasi ini, ada beberapa tempat yang di rekomendasikan untuk acara makan-makan di moment munggahan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA – Munggahan, sampai saat ini mungkin masih menjadi salah satu tradisi masyarakat khususnya di Jawa Barat untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

Beragam kegiatan, biasanya dilakukan masyarakat. Misalnya, dengan berkumpul sembari makan bersama keluarga dan kerabat dekat.

Lokasi wisata biasanya menjadi salah satu tujuan mereka untuk berkumpul di momen munggahan. Karena, ada juga yang memanfaatkan momen tersebut untuk sekedar jalan-jalan tempat-tempat indah.

Nah, bagi masyarakat yang hendak menggelar tradisi munggahan di luar rumah, mungkin tak ada salahnya datang ke kawasan Waduk Cirata. Di lokasi ini, ada beberapa tempat yang di rekomendasikan untuk acara makan-makan di moment munggahan.

Di kawasan tersebut, banyak berjejer warung-warung yang menyajikan kuliner khas wilayah ini. Misalnya, nasi liwet dengan menu tambahan lainnya yang menjadi khas wilayah ini, yakni ikan bakar. Lokasinya pun sangat representatif, apalagi dipadukan dengan pemandangan alam Cirata nan eksotis.

Rinrin Marlina, salah satu pemilik warung kuliner di sekitar Waduk Cirata menuturkan, di momen munggahan seperti sekarang ini kawasan tersebut memang kerap disesaki pelancong. Biasanya, para pengunjung ini berburu kuliner khas untuk makan bersama.

“Alhamdulillah, setiap tahun marema. Pungunjungnya juga banyak dari luar daerah,” ujar Rinrin, Rabu (7/4/2021).

Rinrin menjelaskan, di warung kuliner Cirata kebanyakan menyuguhkan beragam menu yang dapat dipilih untuk makan-makan bersama keluarga. Bukan hanya nasi liwet dan ikan bakar, tapi dia menyebut ada menu lain, mulai dari lobster, kepiting, hingga ayam bakar yang siap manjakan lidah anda.

“Yang segar-segar, seperti es kelapa dan minuman lainnya ada juga. Kalau nasi liwet harganya Rp100.000 per porsi sudah termasuk ikan bakar dengan hitungan 1 kilogram,” ujarnya.

Sementara untuk harga ikan gurame Rp175.000, lobster dan kepiting Rp250.000 per kilogram. Namun, bagi kalian yang malas makan di luar, bisa pula memesannya dan makanan pun akan siap diantarkan ke rumah.

Seperti diketahui, sebagian besar masyarakat Jawa Barat mungkin sudah tak asing lagi dengan Waduk Cirata. Ya, waduk buatan yang difungsikan sebagai pembangkit listrik ini, ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sebenarnya, waduk tersebut tidak difungsikan sebagai objek pariwisata. Namun, wisatawan yang datang ke tempat ini seakan tidak terbendung. Mungkin karena keindahan alamnya yang masih asri yang jadi daya tariknya.

Memang tak dipungkiri, eksotika alam Cirata ini sangat luar bisa. Bahkan bisa dibilang tak ada bandingannya. Karena, waduk ini dikelilingi pegunungan yang sejuk dan asri. Sehingga, menjadikan lokasi ini terlihat lebih indah. Tak heran, banyak di antara pengunjung yang datang hanya sekedar untuk berfoto ria bersama keluarga.

Waduk Cirata, berada di antara Kabupaten Purwakarta, Bandung Barat dan Cianjur. Panorama alamnya sangat indah. Udaranya, juga masih terasa bersih. Sehingga, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi refreshing. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper