Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Destinasi Utama, Objek Wisata Puncak Sempur Segera Dibuka

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang mengisyaratkan sejumlah objek wisata akan segera dibuka untuk umum.
Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru./Istimewa
Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru./Istimewa

Bisnis.com, KARAWANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang mengisyaratkan sejumlah objek wisata akan segera dibuka untuk umum.

Sebelumnya, seluruh objek wisata ditutup akibat adanya pandemi Covid-19. Adapun objek wisata yang akan dibuka ini, salah satunya Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Yudi Yudiawan mengatakan Puncak Sempur ini akan menjadi salah satu destinasi wisata prioritas di Karawang. Bahkan, pada lebaran 2021 ini, lokasi tersebut akan dibuka untuk umum meskipun masih pandemi.

"Dengan catatan pengunjung tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," ujar Yudi, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (6/4/2021).

Yudi menyebutkan daerah telah mendapat arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, terkait inovasi dan promosi wisata. Karenanya, Karawang menunjuk Puncak Sempur jadi prioritas.

Saat ini, lokasi objek wisata itu sudah cukup bagus. Akan tetapi, akses jalan menuju lokasi kondisinya masih cukup memprihatinkan. Sehingga, perlu sentuhan perbaikan.

"Tinggal jalannya saja yang harus segera diperbaiki. Kalau komponen lainnya sudah cukup bagus," ujarnya.

Yudi menyebutkan Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Karawang. Untuk menuju puncak dengan ketinggian 620 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, harus melewati jalan menanjak dan menurun.

Sehingga, dipastikan kendaraan harus benar-benar prima, supaya bisa sampai ke Puncak Sempur. Perjalanan yang cukup menguras adrenalin ini, bakal terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan.

Adapun, tiket masuk kawasan ini pun relatif murah yakni Rp10.000 per orang. Dari area parkir menuju puncak, pengunjung harus mendaki bukit. Ada dua puncak yang bisa dikunjungi, yakni puncak 1 dan 2.

Dari atas bukit ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perkampungan, kota, dan pegunungan Sanggabuana yang membentang membatasi Karawang dengan Purwakarta dan Bogor.

Di Puncak Sempur, pengunjung dapat menghirup udara segar saat pagi hari. Bahkan, jika sore hari akan muncul kabut. Sehingga, pemandangan semakin indah.

"Tak hanya itu, jika beruntung pengunjung bisa menyaksikan senja dan melihat burung elang yang terbang di atas kepala kita," ujarnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper