Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Destinasi Utama, Objek Wisata Puncak Sempur Segera Dibuka

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang mengisyaratkan sejumlah objek wisata akan segera dibuka untuk umum.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 06 April 2021  |  15:17 WIB
Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru. - Istimewa
Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru. - Istimewa

Bisnis.com, KARAWANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang mengisyaratkan sejumlah objek wisata akan segera dibuka untuk umum.

Sebelumnya, seluruh objek wisata ditutup akibat adanya pandemi Covid-19. Adapun objek wisata yang akan dibuka ini, salah satunya Puncak Sempur yang berada di kawasan Loji, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Yudi Yudiawan mengatakan Puncak Sempur ini akan menjadi salah satu destinasi wisata prioritas di Karawang. Bahkan, pada lebaran 2021 ini, lokasi tersebut akan dibuka untuk umum meskipun masih pandemi.

"Dengan catatan pengunjung tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," ujar Yudi, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (6/4/2021).

Yudi menyebutkan daerah telah mendapat arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, terkait inovasi dan promosi wisata. Karenanya, Karawang menunjuk Puncak Sempur jadi prioritas.

Saat ini, lokasi objek wisata itu sudah cukup bagus. Akan tetapi, akses jalan menuju lokasi kondisinya masih cukup memprihatinkan. Sehingga, perlu sentuhan perbaikan.

"Tinggal jalannya saja yang harus segera diperbaiki. Kalau komponen lainnya sudah cukup bagus," ujarnya.

Yudi menyebutkan Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Karawang. Untuk menuju puncak dengan ketinggian 620 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, harus melewati jalan menanjak dan menurun.

Sehingga, dipastikan kendaraan harus benar-benar prima, supaya bisa sampai ke Puncak Sempur. Perjalanan yang cukup menguras adrenalin ini, bakal terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan.

Adapun, tiket masuk kawasan ini pun relatif murah yakni Rp10.000 per orang. Dari area parkir menuju puncak, pengunjung harus mendaki bukit. Ada dua puncak yang bisa dikunjungi, yakni puncak 1 dan 2.

Dari atas bukit ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perkampungan, kota, dan pegunungan Sanggabuana yang membentang membatasi Karawang dengan Purwakarta dan Bogor.

Di Puncak Sempur, pengunjung dapat menghirup udara segar saat pagi hari. Bahkan, jika sore hari akan muncul kabut. Sehingga, pemandangan semakin indah.

"Tak hanya itu, jika beruntung pengunjung bisa menyaksikan senja dan melihat burung elang yang terbang di atas kepala kita," ujarnya. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top