Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gernas BBI & BWI di Bandung Dimulai, Diharapkan Pacu Jumlah & Omzet UMKM

Gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Jawa Barat dimulai. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong UMKM go international, jumlah meningkat, dan omzet mereka juga terus bertambah.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 03 April 2021  |  20:01 WIB
Fashion shoe bagian dari Gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Jawa Barat./Bisnis.com - Dea Andriyawan
Fashion shoe bagian dari Gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Jawa Barat./Bisnis.com - Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG – Gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Jawa Barat dimulai. Selama April, beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Jabar dipamerkan di Trans Convention Centre.

Sebelumnya, Gernas BBI dan BWI 2021 digelar di Bandara Ngurah Rai Bali, Danau Toba Sumatra Utara, dan Mandalika Nusa Tenggara Barat pada Januari–Maret 2021.

Rangkaian opening ceremony Gernas BBI dan BWI April 2021 di Jabar diselenggarakan secara hybrid, dengan pelaksanaan secara live untuk pertama kalinya dilakukan dengan konsep indoor di Trans Convention Centre, dengan mengundang selected invitee dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan juga dapat diikuti secara online, yaitu melalui live streaming pada kanal media sosial Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jabar, Dekranasda, website www.karyakreatifjawabarat.com dan beberapa media partner yang telah ditunjuk.

Rangkaian Gernas BBI dan BWI April 2021 di Jabar mengangkat tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas”, dan tagline UMKM Jabar Paten, UMKM Juara secara resmi dibuka pada Sabtu (3/4/2021) oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kegiatan juga dihadiri oleh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Anggota Dewan Gubernur dan Pimpinan Bank Indonesia, Pimpinan OJK, Perbankan, Dekranas dan Dekranasda serta jajaran tokoh-tokoh penting lainnya baik secara langsung maupun virtual.

Teten Masduki mengatakan gelaran ini diharapkan tidak hanya berdampak pada pertumbuhan jumlah UMKM di Jabar, tapi juga bisa meningkatkan omzet mereka. Apalagi pemerintah terus mengakselerasi vaksinasi. Dia pun menargetkan pelaku UMKM di Indonesia bisa mencapai 30 juta pada 2024.

Sementara itu, Ridwan Kamil berterima kasih karena gelaran Gernas BBI dan BWI 2021 diselenggarakan di Jabar. Dia berkomitmen mendorong para pelaku UMKM agar terus tumbuh meswi pandemi Covid-19 masih terjadi. "Semua pihak perlu melakukan bela negara dengan berbelanja," jelasnya.

Hal senada disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi. Menurutnya, Bank Indonesia akan terus mendukung upaya pemda untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM. "BI juga melakukan dukungan UMKM dengan mendorong pembiayaan dari lembaga keuangan."

Gernas BBI dan BWI kali ini dirangkaikan dengan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), Ciayumajakuning Entrepreneur Festival dan Pagelaran Kreasi Priangan Timur.

Berbagai event tersebut merupakan gelaran tahunan bergengsi hasil kolaborasi Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat (termasuk BI Tasikmalaya dan BI Cirebon) bersama Pemerintah Provinsi dan pemerintah kota/kabupaten terkait di Jabar dan Dekranasda, dengan didukung oleh perbankan dan segenap pemangku kepentingan.

Seluruh rangkaian Gernas BBI dan BWI Jawa Barat yang disinergikan dengan Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat digelar sepanjang April 2021.

Rangkaian ini menampilkan showcasing produk kriya, fashion, kuliner, dan industri kreatif premium dari 64 UMKM mitra Bank Indonesia di Jabar, Dekranasda Jabar dan perbankan.

Selain showcasing, acara akan dimeriahkan oleh parade video pesona wisata Jabar, medley tarian Jabar, fashion show, belanja interaktif, webinar, talkshow akses pembiayaan dan business matching, implementasi QRIS, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jabar secara nasional.

Setelah kegiatan showcasing di Trans Studio Mall selesai, promosi, penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com, kerabat store, e-marketplace borongdong.id, shopee dan blibli.com, https//bicef.id, serta www.pagelarankreasipriangantimur.com.

Bagi BI Jabar, pelaksanaan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 yang dilaksanakan sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat ini merupakan upaya berkesinambungan untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing, bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi optimal di masa pandemi terhadap perekonomian tidak hanya Jabar, tapi juga nasional.

Pelaksanaan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 tersebut, juga merupakan upaya digitalisasi perekonomian termasuk UMKM, melalui digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini sebagai entry point dukungan terhadap akses pembiayaan dan penciptaan ekosistem digital secara lebih luas dan terintegrasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mendukung pencapaian visi Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Untuk itu, pada April 2021 juga akan digelar Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI) yang secara nasional diselenggarakan mulai 5 s.d. 8 April 2021, dan khusus di Jabar pada 9 April 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jawa barat
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top