Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesantren Benda Kerep Cirebon Dipilih sebagai Kampung Santri

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Kampung Santri dibentuk untuk mendukung terwujudnya visi Jabar Juara di bidang batin.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  15:19 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kiri) saat mengunjungi salah satu pesantren di Jabar
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kiri) saat mengunjungi salah satu pesantren di Jabar

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai melakukan sosialisasi pembentukan Kampung Santri dengan memilih Pondok Pesantren Benda Kerep di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Kampung Santri dibentuk untuk mendukung terwujudnya visi Jabar Juara di bidang batin. Nantinya, kegiatan di kampung tersebut bisa menerapkan nilai-nilai agama dalam berbangsa dan bernegara.

"Misalnya salat awal waktu dan berjamaah, minimal salat magrib ataupun setiap waktu salat," kata Uu di Kota Cirebon, dikutip Jumat (26/3/2021).

Pembentukan Kampung Santri menurut Uu, sesuai dengan amanat UUD 1945 dan sila pertama Pancasila, yakni ketuhanan yang maha esa.

Kemudian, hal tersebut pun sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Nawacita Presiden Joko Widodo, serta Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2019 yang di dalamnya termaktub visi Jabar Juara Lahir dan Batin.

Uu menyebutkan, pembentukan Kampung Santri berdasarkan kesiapan dan kesediaan masyarakat setempat. Ditargetkan, setiap kabupaten/kota memiliki satu Kampung Santri.

Ini artinya, jumlah Kampung Santri di Jawa Barat sebanyak 27 titik sesuai dengan jumlah kota/kabupaten di provinsi itu.

"Tidak menutup kemungkinan, setelah koordinasi dengan pemerintah daerah, saya akan menjajaki juga dengan kota/kabupaten lain," kata Uu.

Diharapkan, adanya Kampung Santri, penyakit masyarakat atau pekat di daerah tersebut bisa berkurang, lantaran meningkatnya keimanan dan ketaqwaan. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top