Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fadludin Damanhuri Pimpin Kadin Karawang

Fadludin mengatakan pihaknya sudah menyiapkan berbagai program kerja yang belum terealisasi pada masa kepengurusan sebelumnya. Hal itu, untuk menjawab persoalan pascaterjadinya pandemi Covid-19 untuk dunia usaha.
Fadludin Damanhuri terpilih sebagai Ketua Kadin Karawang periode 2021-2026./Bisnis-Asep Mulyana
Fadludin Damanhuri terpilih sebagai Ketua Kadin Karawang periode 2021-2026./Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, KARAWANG - Kamar dagang dan industri (Kadin) Kabupaten Karawang telah melaksanakan musyawarah kabupaten (Muskab) untuk pemilihan kepemimpinan lima tahun ke depan. Dalam muskab tersebut, Fadludin Damanhuri akhirnya terpilih sebagai Ketua Kadin Karawang periode 2021-2026.

Fadludin mengatakan pihaknya sudah menyiapkan berbagai program kerja yang belum terealisasi pada masa kepengurusan sebelumnya. Hal itu, untuk menjawab persoalan pascapandemi Covid-19 untuk dunia usaha.

"Kami sudah melakukan inventarisasi data, produk-produk asal Karawang yang berpeluang ekspor," ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Akan tetapi, untuk merealisasikan peningkatan ekspor produk Karawang, tentunha harus didahului dengan pelatihan. Khususnya bagi produsen produk tersebut. Selain itu, para pengusaha juga harus mampu menjaga standar kualitas produk. Supaya, bisa diterima oleh negara tujuan.

Guna mendukung hal itu, pihaknya sudah menyiapkan kerja sama dengan dunia industri. Terutama, terkait dengan pelatihan para pengusaha lokal agar bisa bersaing di luar negeri.

"Saat ini, kami sedang menyiapkan produk yang sesuai dengan yang di minta oleh pasar di luar negeri," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Jawa Barat Cucu Sutara menegaskan pihaknya meminta para pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin Jabar, untuk tidak bergantung pada proyek pemerintah. Melainkan, potensi yang ada harus dikembangkan. Salah satunya, mampu membaca peluang ekspor.

"Kami ingin, produk unggulan asal Karawang ini mampu menembus pasar ekspor," ujarnya.

Salah satunya, Karawang memiliki produk pertanian dan kelautan yang banyak diminati pasar luar negeri. Hal itu, merupakan potensi yang bisa digali oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

Apalagi, sambungnya, kegiatan ekspor barang di Jawa Barat kini semakin mudah dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. Sehingga, tak ada alasan lagi buat pengusaha untuk tidak berinovasi dalam mengembangkan sayap bisnisnya.

Tak hanya itu, pihaknya telah berkomitmen untuk terus mendukung penuh kebijakan Bupati Cellica dalam meningkatkan ekspor produk Karawang. Sehingga, Kadin Jabar siap bersinergi dengan pemerintahan daerah. Termasuk Karawang.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan Karawang memiliki tempat budidaya udang vaname dan produk pertanian berkualitas. Dua produk itu tentunya bisa dikembangkan Kadin sebagai komoditas ekspor.

"Kami juga siap berkolaborasi dengan Kadin untuk pengembangan dunia usaha di Karawang," jelasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper