Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Garap Proyek Kolaborasi dengan 22 Brand Anak Muda

Gubernur Jawa Barat Ridwan bersama 22 produk brand lokal tengah mempersiapkan kolaborasi yang akan melahirkan karya spesial.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berfoto bersama Tri Ambodo dari brand jaket asal Malang Harimau Supply/Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berfoto bersama Tri Ambodo dari brand jaket asal Malang Harimau Supply/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama 22 produk brand lokal tengah mempersiapkan kolaborasi yang akan melahirkan karya spesial.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya tidak hanya berperan sebagai endorsement namun ikut terlibat langsung dalam proses kreatif produksi produk Nanti ada produk lokal yang didesain khusus oleh Ridwan Kamil. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya," katanya Bandung, Senin (8/3/2021).

Lewat gerakan #inilokalinikolaborasi tersebut, pihaknya tak hanya sekedar ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Ia ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya.

"Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim," tuturnya.

Pihaknya berharap program ini bisa menjadi contoh nyata upaya pemimpin membantu pemulihan ekonomi produk lokal. "Kami berharap ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik tidak harus bersifat [memberi] modal. Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek. Sehingga brand juga punya semangat yang klik," tuturnya.

Ridwan Kamil menuturkan saat ini proses kolaborasi baru tahap finalisasi desain akhir menjelang produksi. Rencananya, produk akan diluncurkan dalam waktu dekat. Selain ikut mendesain, ia juga ingin total dalam proses marketing.

Rencananya, produk tersebut akan diluncurkan bersama selebritis dengan konsep lelang. "Jadi nanti semua teknik marketing akan kita maksimalkan baik postingan dari saya, ada influencer, selebriti yang mau di-launching dalam bentuk lelang," tuturnya.

"Yang buat saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru, itu dunia saya. Waktu saya dosen, proses mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," tambah Emil.

Ia pun berharap gerakan yang ia gagas bisa membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi. Ia meyakini, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk mancanegara.

"Sehubungan Pak Presiden ber-statement untuk mendukung produk lokal. Mari dukung produk lokal dan beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar tanpa memberi tahu karena saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik," jelasnya.

Tri Ambodo dari brand jaket asal Malang Jawa Timur, Harimau Supply mengatakan, kolaborasi ini sangat menantang dan unik. Ia berharap kolaborasi ini bisa membangkitkan rasa bangga masyarakat terhadap produk lokal.

"Ini kolaborasi paling seru karena ada beberapa kolaborator local brand yang juga ikut meramaikan kolaborasi ini, yang biasanya kami bersaing sekarang kami bekerja sama untuk saling membangun local brand," kata Tri.

Untuk edisi kolaborasi dengan Ridwan Kamil, Harimau Supply akan menyajikan konsep tak biasa.

"Harimau Supply menciptakan sesuatu yang sangat berbeda yang belum pernah kami lakukan. Melihat sosok RK yang terlahir di Jawa Barat kami teringat sosok Prabu Siliwangi dengan Harimau Putih yang melegenda, yang merepresentasikan sosok RK sebagai pemimpin layaknya Prabu Siliwangi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper