Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Sektor Perdagangan, Bupati Anne Canangkan Pasar Sehat

Pemkab Purwakarta memperkuat peran pasar tradisional untuk mendorong penguatan ekonomi kerakyatan di wilayahnya.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/Bisnis-Asep Mulyana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta memperkuat peran pasar tradisional untuk mendorong penguatan ekonomi kerakyatan di wilayahnya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan sektor UMKM dan perdagangan selama ini menjadi salah satu urat nadi perekonomiam masyarakat di wilayahnya. Atas dasar itu, pihaknya terus mendukung supaya sektor tersebut bisa berkembang.

“Salah satu upaya kami yakni dengan cara penguatan di pasar tradisional,” ujar Anne kepada Bisnis.com, Selasa (2/3/2021).

Menurut Anne, selama ini pasar tradisional memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Di Purwakarta sendiri, saat ini sudah ada beberapa pasar tradisional, yaitu Pasar Citeko, Pasar Rebo, Pasar Leuwipanjang, dan Pasar tradisional Wanayasa.

“Kita dorong terus supaya pasar tradisional ini lebih representative. Sehingga, baik pengunjung ataupun pedagangnya bisa nyaman saat bertransaksi,” jelas dia.

Anne menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong supaya pasar-pasar tradisional di wilayahnya menyandang predikat pasar sehat. Memang, untuk saat ini baru pasar tradisional Wanayasa yang sudah berpredikat pasar sehat.

“Pasar tradisional Wanayasa, kedepan akan dijadikan pasar tradisional percontohan untuk pasar-pasar lainnya yang ada di Purwakarta,” jelas dia.

Anne menambahkan, pasar sehat harus menjadi komitmen bersama. Artinya, bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola pasar tapi semua pihak, baik itu para pedagang maupun pembeli harus memiliki kesadaran untuk menjaga dan merawat pasar tersebut.

Salah satunya, kata dia, bisa dengan membiasakan atau meningkatkan kesadaran mengenai prilaku hidup bersih dan sehat. Dan mendorong supaya para pedagang bisa lebih meningkatkan kebersihan di lingkungan pasar.

“Kalau pasarnya bersih, dipastikan pembeli pun akan merasa lebih nyaman,” tambah dia.

Di masa pandemi ini pun, pihaknya telah meminta kepada seluruh penglola pasar untuk menyiapkan tempat cuci tangan. Termasuk, meminta supaya mengintensifkan penyemprotan di seluruh areal pasar. Supaya, tercipta rasa aman bagi pedagang yang ada di pasar maupun pengunjung dari penyebaran Covid-19.

“Pasar, selama ini menjadi simpul kerumunan masyarakat. Untuk itu, harus disiapkan upaya pencegahan. Supaya penyebaran virus corona bisa diantisipasi,” pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper