Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Dorong Karawang Jadi Sentra Kopi

Provinsi Jabar berencana menjadikan Kabupaten Karawang menjadi sentra kopi, karena wilayah tersebut cukup potensial ditanami kopi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KARAWANG - Provinsi Jabar berencana menjadikan Kabupaten Karawang menjadi sentra kopi, karena wilayah tersebut cukup potensial ditanami kopi.

Perwakilan Bidang Sumber Daya Perkebunan Dinas Perkebunan Jabar Acep Munandar mengatakan belum lama ini pihaknya sudah berkunjung ke Karawang. Dalam waktu dekat, akan ada bimbingan teknis bersama asosiasi petani kopi di wilayah tersebut.

"Kita sudah berkunjung ke Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. Dua daerah itu, cukup potensial ditanami kopi," ujar Acep, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (26/2/2021).

Bimbingan teknis tersebut, selain untuk meningkatkan kebersamaan para petani kopi. Juga, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan petani tentang budidaya kopi.‎

Apalagi, kopi merupakan salah satu komoditas strategis perkebunan di Jawa Barat. Oleh karena itu, pengembangan kualitas produksi kopi Karawang juga harus digalakkan. Supaya, kopi Karawang bisa bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Kopi (Apeki) Kabupaten Karawang Saepul Riki berharap adanya bimtek ini dapat memberikan manfaat berupa bekal pengetahuan bagi petani. Khususnya petani pemula yang akan berbudiaya kopi. Adapun, bimbingan teknis ini akan diselenggaran pada pekan kedua Maret mendatang.

"Peserta petani pemula banyak dari kelompok milenial. Hal ini menjadi bukti bahwa kopi menjadi komoditas yang digemari milenial," ujarnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper