Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layanan QRIS DigiCash Kini Hadir di Purwakarta

Bank BJB Kantor Cabang Purwakarta menggandeng Grab yang merupakan perusahaan layanan on demand, meluncurkan BJB DigiCash.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  12:27 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyambut kehadiran teknologi pembayaran QRIS DigiCash di wilayahnya - Bisnis/Asep Mulyana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyambut kehadiran teknologi pembayaran QRIS DigiCash di wilayahnya - Bisnis/Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Bank BJB Kantor Cabang Purwakarta menggandeng Grab yang merupakan perusahaan layanan on demand, meluncurkan BJB DigiCash.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan layanan ini sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. Karena, dalam layanan ini ada upaya memfasilitasi masyarakat agar dapat bertransaksi melalui quick response Indonesian standard (QRIS) sehingga meminimalisasi kontak fisik.

"Layanan ini sejalan dengan kampanye penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona," ujarnya, Kamis (25/2/2021).

Melalui kerja sama ini, lanjut Widi, penumpang Grab dapat membayar biaya perjalanannya melalui BJB DigiCash yang sudah dipasang di partisi plastik armada GrabBike dan GrabCar Protect. Melalui fitur bayar dengan QRIS.

Penumpang hanya perlu scan QRIS yang terpasang di partisi plastik GrabProtect melalui aplikasi BJB DigiCash.

Adapun BJB DigiCash, merupakan salah satu uang elektronik serbaguna yang dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh gerai yang memiliki logo QRIS.

Apalagi, Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas QR Code uang elektronik mengeluarkan ketentuan bahwa QR Code yang ada di semua gerai dapat dipakai. Termasuk, untuk segala jenis pembayaran uang elektronik yang berizin resmi melalui QRIS. Salah satunya, BJB DigiCash.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan GrabProtect sendiri merupakan armada roda dua dan roda empat dari Grab dengan peningkatan standar kebersihan dan protokol keamanan. Dimulai dari teknologi deklarasi kesehatan online, pengecekan masker via selfie, partisi plastik tebal pemisah antara mitra pengemudi dan penumpang, hingga hand sanitizer dan desinfektan kendaraan secara berkala.

"Dengan kerja sama ini, penumpang dapat dengan mudah membayar tarif perjalanan yang tertera di aplikasi Grab melalui scan QRIS di partisi plastik GrabProtect dengan menggunakan aplikasi bjb DigiCash," ujarnya.

Selain tersedia di armada GrabProtect, BJB DigiCash ini juga tersedia bagi masyarakat Purwakarta yang berkunjung dan makan langsung di sejumlah merchant GrabFood. Hal itu, dalam upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan digitalisasi UMKM di Purwakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi terbentuknya kerja sama antara BJB dan Grab ini. Karena itu, pihaknya sangat mendukung program ini berjalan.

"Apalagi, salah satu tujuannya sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam meminimalisasi kontak pada saat kondisi pandemi Covid-19," ujarnya.

Salah satunya, yaitu dengan adanya sekat pembatas antara penumpang dan mitra pengemudi. Juga ditambah inovasi pembayaran melalui scan BJB DigiCash. Apalagi, ada upaya digitalisasi UMKM di Purwakarta, dengan adanya sistem pembayaran non-tunai di rumah makan.

"Kami berharap ini dapat turut mendukung kebangkitan UMKM dan pemulihan ekonomi," jelasnya. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top