Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Bupati dan Wakil Bupati Karawang Terpilih Dilantik Gubernur Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan melantik bupati dan wakil bupati Karawang terpilih di Kota Bandung.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, KARAWANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan melantik bupati dan wakil bupati Karawang terpilih di Kota Bandung.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah mengatakan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih berbarengan dengan empat kepala daerah terpilih lainnya. Yakni, dari Karawang, Sukabumi, Indramayu, Pangandaran dan Kota Depok.

"Pelantikannya tetap dilaksanakan Jumat 26 Februari 2021 pukul 14.00 WIB," ujarnya, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Kamis (25/2/2021)

Adapun, perubahan lokasi pelantikan ini berdasarkan hasil rapat melalui video conference dengan Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Pengalihan lokasi pelantikan tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 164 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 jo Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, yang menjelaskan bahwa Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dilantik oleh Gubernur di ibu kota provinsi.

Walaupun pelantikan dilaksanakan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, namun undangan yang diizinkan masuk di lokasi pelantikan hanya empat orang. Sudah termasuk kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang akan dilantik.

Setelah acara pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, akan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD dan Ketua Literasi.

Sedangkan, masyarakat dapat menyaksikan prosesi pelantikan melalui channel Youtube Humas Provinsi Jabar dan channel Youtube Diskominfo Kabupaten Karawang. Untuk Forkopimda dan kepala perangkat daerah Kabupaten Karawang, akan menyaksikan proses pelantikan secara virtual di Gedung Command Center dan Aula Lantai III Gedung Singaperbangsa.

"Anggota DPRD Karawang akan mengikuti pelantikan di Gedung Sidang DPRD Karawang, dengan memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Sekedar mengetahui, hasil Pilkada serentak di Kabupaten Karawang, incumbent Cellica Nurrachadiana yang berpasangan dengan Aep Syaepuloh, memenangkan kontestasi politik lima tahunan itu. Pasangan Cellica-Aep yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PKS dan NasDem ini meraih suara terbanyak, mencapai 678.871 suara atau 60,052 persen. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper