Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Cirebon Klaim PPKM Tingkatkan Kepatuhan Prokes

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengklaim pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan di Kabupaten Cirebon meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengklaim pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan di Kabupaten Cirebon meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Imron mengatakan selama PPKM berlangsung, tingkat level kewaspadaan penyebaran Covid-19 pun turun ke zona oranye (sedang). Sebelum diberlakukan, kabupaten itu berada di zona merah.

"Ini artinya turun terus, sedangkan kepatuhan prokes naik. Ini sangat memungkinkan turun ke zona kuning," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Selasa (16/2/2021).

Meskipun jumlah kasus terus mengalami penurunan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon bakal tetap melakukan pemeriksaan usap secara massal untuk mengetahui keberadaan virus dari kota Wuhan, China itu.

Imron mengatakan, upaya pelacakan massal masih harus dilakukan, sesuai intruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami belum lelah dalam upaya memerangi pandemi ini, karena vaksinasi belum usai dan wabah pun belum diketahui sampai kapan," katanya.

Berdasarkan data, tingkat kepatuhan masyarakat di Kabupaten Cirebon dalam penggunaan masker dan menjaga jarak (physical distancing) sebanyak 76 sampai 90 persen.

Tingkat kepatuhan protokol kesehatan itu, Kabupaten Cirebon bersama 17 kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat, di antaranya Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, dan Majalengka.

"Saya pun sudah intruksikan hingga pemerintah desa untuk tetap mensosialisasikan protokol kesehatan," katanya.

Dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat yang berstatus zona merah atau risiko tinggi, hanya menyisakan Kota Bogor. Sedangkan empat daerah lainnya, yakni Subang, Majalengka, Sumedang, dan Sukabumi ada di zona kuning.

Sedangkan yang berada di zona oranye yakni Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Kuningan, Pangandaran, Banjar, Ciamis, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Garut, Cimahi, Kabupaten/Kota Bandung, Bandung Barat.

Kemudian, kota lainnya yang berada di zona oranye yakni, Karawang, Kabupaten/Kota Bekasi, Depok, Kabupaten Bogor, dan Cianjur. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper