Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Purwakarta Lelang Jabatan Kepala Dinas dan Staf Ahli

Pemkab Purwakarta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan lelang jabatan atau open bidding untuk menduduki posisi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian dan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat menyaksikan proses tes akhir lelang jabatan di Kabupaten Purwakarta/Bisnis-Asep Mulyana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat menyaksikan proses tes akhir lelang jabatan di Kabupaten Purwakarta/Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan lelang jabatan atau open bidding untuk menduduki posisi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian dan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia BKSDM Kabupaten Purwakarta Dadi Sadali menuturkan proses penyelenggaran open bidding ini telah berlangsung sejak awal tahun lalu. Sejak pendaftarannya dibuka pada 14 Januari itu, tercatat ada 10 peserta yang melamar.

"Secara administrasi, ke 10 pendaftar ini telah lolos seleksi. Adapun dari 10 pendaftar ini, ada juga yang melamar untuk dua JPT [jabatan pimpinan tertinggi]," ujar Dadi kepada Bisnis.com, di sela-sela kegiatan open bidding tahap akhir ini, Senin (15/2/2021).

Dadi menjelaskan, proses penyelenggaraan lelag jabatan ini telah memasuki tahap uji makalah dan wawancara. Setelah sebelumnya, para peserta ini mengikuti uji kompetensi/asesmen pada 4 Februari lalu.

"Kalau tahapan-tahapannya, sudah berlangsung sejak Januari kemarin. Dari mulai seleksi, uji kompetensi hingga asesmen. Untuk saat ini, sudah masuk proses tes akhir. Tes tersebut, berlangsung satu hari ini," jelas dia.

Dadi menjelaskan, pelaksanaan open bidding atau lelang jabatan ini mengacu pada Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang menejemen pegawai negeri sipil (PNS).

Dadi menambahkan, dalam proses asesmen (penilaian) beberapa waktu lalu, pihaknya melibatkan tim dari Kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat. Sedangkan, untuk uji makalah dan tahap wawancara ini, pihaknya melibatkan tim yang terdiri dari akademisi, profesional, dan pemerintahan.

"Untuk panitia pelaksana atau penguji, dari internal pemerintahan ada dua orang. Yakni, Pak Sekda sama Kepala BKPSDM. Untuk profesional, kami melibatkan akademisi dari Unpad," tambah dia.

Sementara itu, dalam tes akhir open bidding ini Pemkab Purwakarta membuatnya sedikit berbeda dari biasanya. Mungkin, sebelumnya ujian tersebut dibuat tertutup. Namun, kali ini dibuat terbuka. Sehingga, proses ujian ini bisa disaksikan bersama-sama.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan pihaknya sengaja meminta supaya ujian tersebut dibuat terbuka. Alasannya, untuk memastikan transpatansi proses ujian tersebut. Dalam hal ini, pihaknya pun sekaligus ingin memastikan langsung seperti apa kualitas para peserta yang akan bersaing untuk merebutkan dua jabatan ini.

"Tadi kami nonton bareng proses ujiannya di sebuah layar. Kalau ujiannya, tetap dilakukan di satu ruang tertutup. Sedangkan, kami dengan pejabat pemerintahan lainnya, nonton bareng di ruang lainnya melalui siaran langsung," ujar Anne.

Tujuan lain, dirinya ingin melihat langsung tes tersebut, karena dirinya ingin mendengar komitmen dari masing-masing peserta jika salah satu dari mereka menduduki jabatan yang kosong ini. Karena, menurutnya, sebagai calon pejabat tinggi, mereka harus benar-benar mumpuni di bidangnya.

"Kita ingin cari yang terbaik dari yang terbaik di bidangnya," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper