Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembayaran Pajak dan Retribusi di Kabupaten Cirebon Bisa Gunakan QRIS

Pemerintah Kabupaten Cirebon mulai menerapkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) hasil kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Cirebon.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon mulai menerapkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) hasil kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Cirebon.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan ETPD dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran secara digital. Selain itu, guna membiasakan transaksi digitak bagi masyarakat serta ASN.

"Menuju Kabupaten Cirebon terdepan dalam digitalisasi menuju smart city melalui pembentukan TP2DD atau Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah," kata Imron di Pendopo Bupati, Kota Cirebon, Selasa (26/1/2021).

Layanan ETPD yang baru saja diluncurkan belum lama ini, bisa melakukan transaksi penerimaan daerah di beberapa sektor pajak atau retribusi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Mulai saat ini pun, pembayaran retribusi pasar bisa yang bisa menggunakan QRIS berada di tujuh titik, yakni Pasar Babakan, Pasar Ciledug, Pasar Jamblang, Pasar Palimanan, Pasar Cipejeuh, Pasar Sumber dan Pasar Batik Plered.

Kemudian, pembayaran retribusi parkir di Hutan Kota Sumber dan parkir Pasar Sumber saat didorong pula dengam cara nontunai.

Imron mengatakan, pembayaran PBB, retribusi sampah (on progress), pembayaran beberapa badan usaha milik desa (BUMDes), sampai pajak kendaraan pun bisa dengan metode transaksi yang dianjurkan selama pandemi covid-19 ini.

Ia pun berharap, adanya hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga perubahan ke arah lebih baik untuk Kabupaten Cirebon bisa segera terealisasi.

"Masa pandemi ini bukan penghambat untuk berinovasi, sehingga pendapatan asli daerah (PAD) dapat meningkat," katanya.

Kepala Kepala Perwakilan BI Cirebon Bakti Artanta mengatakan inovasi digital terhadap layanan transaksi keuangan daerah dengan kanal QRIS mempermudah masyarakat membayar retribusi dan pajak.

"Dapat meningkatkan pendapatan daerah secara optimal untuk mendukung pembangunan Kabupaten Cirebon," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper