Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jumlah Wisawatan ke Kota Cirebon Jeblok Gara-gara Covid-19

Sektor pariwisata di Kota Cirebon memang mengalami dampak yang cukup parah pada masa pandemi Covid-19, terutama awal penyebaran Virus Corona baru (Covid-19) yang terjadi pada triwulan kedua tahun 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  17:59 WIB
Perahu nelayan berlayar mencari ikan di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020). Bisnis - Rachman
Perahu nelayan berlayar mencari ikan di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pariwisata Kota Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan selama tahun 2020 kunjungan wisatawan turun drastis dari target dua juta, hanya bisa dicapai 30 persen karena pandemi Covid-19.

"Dari target dua juta wisatawan, hanya terpenuhi 30 persen saja," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Wandi Sofyan di Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/1/2021).

Menurut dia, sektor pariwisata di Kota Cirebon memang mengalami dampak yang cukup parah pada masa pandemi Covid-19, terutama awal penyebaran Virus Corona baru (Covid-19) yang terjadi pada triwulan kedua tahun 2020.

Pada waktu itu, kata dia, hampir semua sektor wisata ditutup sehingga kunjungan wisatawan pun otomatis tidak ada.

Dari target dua juta wisatawan pada 2020, lanjut Wandi, hanya terealisasi 30 persen saja atau berkisar 600 ribu pengunjung.

"Ini kan terjadi di semua daerah termasuk Cirebon. Jadi memang pada triwulan kedua terasa sekali untuk sektor pariwisata," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya program vaksinasi Covid-19 sektor pariwisata pada tahun 2021 bisa kembali pulih, meskipun tidak seperti saat normal, akan tetapi setidaknya dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Semua destinasi wisata di Kota Cirebon saat ini memang terus beroperasi dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

"Protokol kesehatan kita laksanakan dengan ketat, agar pariwisata tetap berjalan dan kesehatan pun bisa terjaga," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata cirebon Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top