Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Belajar Banyak Soal Ahlak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan duka citanya atas berpulangnya Syekh Ali Jaber, Kamis (14/1/2021) pagi.
Syekh Ali Jaber/Instagram
Syekh Ali Jaber/Instagram

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan duka citanya atas berpulangnya Syekh Ali Jaber, Kamis (14/1/2021) pagi.

Ridwan Kamil mengatakan meninggalnya Syekh Ali Jaber adalah kehilangan besar karena almarhum adalah guru sekaligus ulama yang lembut, baik dalam sosok pribadi maupun saat berdakwah.

"Syekh Ali Jaber adalah guru kita semua, ulama kita semua yang sangat lembut hati, dakwahnya juga. Saya mendoakan mudah-mudahan husnul khotimah dan mudah-mudahan semua yang ditinggalkan diberikan kesabaran," katanya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Dirinya mengenal dekat sosok Syekh Ali Jaber. Pertemuan terakhir berlangsung secara virtual lewat wawancara di akun instagramnya. 

"Terakhir [bertemu di] IG [Instagram] live membahas bagaimana akhlak almarhum menghadapi orang orang yang zalim atau orang orang yang bertindak sebagaimana mestinya," katanya.

Dari sosok almarhum, Ridwan Kamil mengaku mendapatkan banyak pelajaran terutama tentang akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. 

"Mudah-mudahan beliau menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. Akhlak harus didahulukan dibandingkan ilmu, itu pelajaran yang saya ambil dari almarhum," ungkapnya.

Pihaknya berjanji untuk melanjutkan perjuangan Syekh Ali Jaber untuk melahirkan para hafiz Quran di Jabar. Sosok Syekh Ali Jabar menurutnya yang menginspirasi Pemprov Jabar untuk melahirkan program Satu Desa Satu Hafidz Quran.

"Insya allah akan kami teruskan di Jawa Barat, salah satunya inspirasi beliau adalah program Satu Desa Satu Hafidz Quran dan sekarang sudah lebih dari 2.000 desa di Jabar punya penghapal Alquran uran berdasarkan inspirasi beliau," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, kabar duka datang dari Syekh Ali Jabar. Ulama sekaligus panutan umat Islam itu dikabarkan meninggal dunia di RS Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper