Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Intens Gali Potensi Wisata Desa

Desa-desa di Jawa Barat menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja dan kebudayaan menjadikan desa-desa di Jabar menarik untuk dikunjungi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Januari 2021  |  13:17 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi potensi wisata Curug Candung yang berlokasi di kawasan hutan konservasi Garut/Tasikmalaya
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi potensi wisata Curug Candung yang berlokasi di kawasan hutan konservasi Garut/Tasikmalaya

Bisnis.com, BANDUNG — Desa-desa di Jawa Barat menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja dan kebudayaan menjadikan desa-desa di Jabar menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya Desa Sirnagalih, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, yang memiliki Curug Candung. Udara sejuk dengan deretan pohon pinus yang memesona menjadi nilai plus Curug Candung.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum pun melihat potensi wisata Curug Candung yang berlokasi di kawasan hutan konservasi Garut-Tasikmalaya pada Sabtu (9/1/2021).

Menurut Kang Uu, dengan menggali potensi wisata di desa-desa, ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dapat ditekan.

"Ekonomi kemasyarakatan adalah sebuah perekonomian yang tangguh, sekalipun diterjang oleh badai politik, sekalipun diterjang oleh multikrisis, ekonomi kerakyatan harusnya menjadi ekonomi yang tangguh," kata Kang Uu.

Kang Uu mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar saat ini intens mengembangkan destinasi wisata di perdesaan. Hal itu dilakukan untuk membuka lapangan kerja di perdesaan sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

"Kolaborasi harus tetap dijunjung tinggi dalam pengembangan wisata di desa dengan keterlibatan masyarakat sekitar destinasi wisata dalam semua kegiatan pariwisata," ucapnya.

Jika desa-desa di Jabar dapat mengembangkan potensi pariwisata, Kang Uu optimistis ketimpangan ekonomi masyarakat perkotaan dan perdesaan dapat dipangkas dengan cepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top