Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alihkan Kargo dari Bandara Husein ke Kertajati!

Pengamat dan praktisi bisnis kargo Ferry Nursuardi menilai Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus segera mencari jalan keluar bagi keberlangsungan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  13:34 WIB
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka - Bisnis/Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - Pengamat dan praktisi bisnis kargo Ferry Nursuardi menilai Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus segera mencari jalan keluar bagi keberlangsungan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati.

Menurutnya potensi kargo untuk jangka menengah yang bisa terbang dari dan menuju Bandara Kertajati bisa dilakukan lewat pengalihan Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

“Peluang menghidupkannya ada di kargo dan umrah, sambil menunggu penerbangan komersial normal aktivitas kargo di Husein bisa digeser ke Kertajati,” tuturnya saat dihubungi di Bandung, Rabu (5/1/2021).

Ferry menepis pemikiran bahwa Bandara Kertajati tidak akan bisa hidup selama Tol Cisumdawu belum tuntas. Menurutnya berkaca pada 2019 lalu di mana penerbangan komersial dan kargo berjalan, para pelaku perjalanan dan bisnis tidak melihat itu sebagai hambatan.

“Orang tidak melihat lagi jarak tempuh, tapi waktu tempuh. 2019 itu pemikiran penumpang dan pelaku bisnis kargo sudah tidak lagi melihat Cisumdawu sebagai masalah, bahkan untuk kargo CIsumdawu belum beres tidak masalah, karena kan ada waktu 6 jam sebelum pesawat terbang,” tuturnya.

Ferry berharap rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghidupkan lagi aktivitas kargo di Kertajati tahun ini bisa berjalan mulus. Menurutnya kebijakan pemerintah harus berpihak pada Kertajati yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) termasuk dukungan maskapai.

Mindset kita Kertajati itu selalu soal penumpang pesawat makanya masyarakat menilai bandara sepi. Padahal potensi kargo itu besar, saatnya Bandara Kertajati jadi pusat penerbangan kargo, ” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top