Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Nataru, Jalur Selatan Siap Antisipasi Pemudik

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengecek kesiapan posko Dinas Perhubungan (Dishub) jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (23/12/2020).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  19:25 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri)

Bisnis.com, BANDUNG—Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengecek kesiapan posko Dinas Perhubungan (Dishub) jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (23/12/2020).

"Hari ini saya mendapat tugas dari Pak Gubernur untuk memantau, melihat situasi, dan kondisi, khususnya kesiapan aparat untuk memastikan rasa aman dan nyaman," kata Uu.

Uu mengatakan, persiapan dilakukan untuk mewaspadai adanya peningkatan mobilitas saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Menurut ia, kewaspadaan perlu ditingkatkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, terutama di daerah tujuan mudik dan wisata.

"Kami mempersiapkan keamanan sebagai bukti tanggung jawab supaya masyarakat melaksanakan libur bisa aman, tenang, dan selamat," ucapnya.

"Karena salah satu tugas aparat supaya masyarakat selamat menuju ke tempat tujuannya. Baik ke rumah, tempat ibadah, dan wisata yang cenderung pada momen Nataru terjadi peningkatan," imbuhnya.

Rekayasa lalu lintas di titik-titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan, kata Uu, sudah disiapkan Dishub Jabar, Dishub Kabupaten/Kota, dan Kepolisian. Pun demikian dengan pemasangan kamera pengawas di sejumlah titik.

"Jadi sudah ada langkah antisipasi kalau ada kemacetan. Apalagi, saat ini dibantu dengan teknologi, bisa termonitor langsung lewat kamera pengawas. Pemantauan bisa dilakukan di pos-pos jaga," ucapnya.

Uu pun menekankan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar Jabar melarang perayaan Tahun Baru 2021 yang dapat menyebabkan kerumunan. Larangan tersebut berlaku untuk perayaan di dalam maupun luar ruangan.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar menyiapkan rapid test antigen untuk wisatawan guna mencegah penularan Covid-19 saat libur Nataru.

"Kami ada ketegasan dengan menyediakan rapid test antigen. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan," ucapnya.

Menurut Kang Uu, pihaknya sudah menyiapkan alat penyedot air sebagai antisipasi apabila terjadi banjir di jalur mudik maupun wisata. Alat berat pun akan disiapkan di titik-titik rawan longsor.

"Petugas yang diturunkan ini sesuai yang apel di Gedung Sate, yaitu kolaborasi antara TNI/Polri, Dishub, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan pihak lainnya," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top